Wako Batam Larang Pengelola SMA dan Sederajat Pungut Uang Komite

Pemko Batam membuat kebijakan agar sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat yang ada di Kota Batam tidak lagi memungut uang komite.

Wako Batam Larang Pengelola SMA dan Sederajat Pungut Uang Komite
tribunbatam/argianto danugraha
Wali Kota Batam HM Rudi memainkan gasing saat membuka Tamadun Melayu Festival Kampoeng Toea di Belakangpadang, Jumat (29/4/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- ‎Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Wali Kota Batam Rudi berpesan kepada seluruh siswa untuk tidak melupakan jasa-jasa para pendidik.

Bukan hanya para siswa, pesan yang sama juga berlaku untuk semua peserta upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri, Senin (2/5/2016) pagi.

"Jangan pernah kita lupakan jasa-jasa guru kita. Kita bisa menjadi seperti sekarang ini, justru berkat guru," ujar Rudi saat itu.

Di momen tersebut, Rudi menyampaikan beberapa kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota Batam dalam bidang pendidikan.

Diantarnya, Pemko Batam tahun ini menambah armada bus sekolah untuk membantu siswa khususnya di wilayah Rempang-Galang (hinterland).

Baca: GRATIS! Enam Bus Sekolah Hinterland Dioperasikan Pemko Batam

Para siswa yang menggunakan ke enam bus baru itupun tidak dibebankan lagi dengan biaya ongkosnya.

‎Selain itu, Pemko Batam juga membuat kebijakan agar sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Kota Batam tidak lagi memungut uang komite.

Dengan kebijakan-kebijakan tersebut, Rudi berharap dapat ‎membantu meringankan beban orangtua siswa.

"Untuk pendidikan dasar sembilan tahun, itu dari SD sampai SMP memang sudah lama tidak dipungut uang komite. Nah, sekarang giliran yang sekolah menengah kita tidak perkenankan lagi memungut uang komite, karena keuangan daerah dirasa sudah tercukupi. Ini untuk membantu masyarakat juga," tutur Rudi.‎

Dalam amanah upacaranya, Rudi pun membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan pada Hardiknas 2016. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved