Perguruan Tinggi Harus Bisa Mengabdi untuk Masyarakat

"Perguruan tinggi juga wajib melakukan penelitian. Selain itu harus mengabdi kepada masyarakat,"

Perguruan Tinggi Harus Bisa Mengabdi untuk Masyarakat
Tribun Batam/Zabur
Andi Saputra Gubernur BEM yang lama menyerahkan dokuemen kepada Heri Yanto Gubernur BEM terpilih yang disaksikan Dekan FH Unrika, Rustam, Rabu (4/5/2016) malam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Perguruan tinggi tidak hanya wajib menyelenggarakan pendidikan saja, namun harus bisa melakukan penelitian dan mengabdi kepada masyarakat.

"Perguruan tinggi juga wajib melakukan penelitian. Selain itu harus mengabdi kepada masyarakat," kata Rustam Dekan Fakultas Hukum (FH) Unrika Batam, saat melantik pengurus Senat dan BEM FH Unrika, Rabu (5/5/2016) malam.

Rustam mengatakan hal itu dilandasi dengan dasar hukum seperti tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (SPN) tepatnya pada Pasal 20 ayat (2) berbunyi, yang menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, maka menjadi dasar pembentukan keanggotaan Senat dan BEM FH Unrika, sebagai perpanjangan tangan Perguruan Tinggi (Unrika, red) dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Dengan dilantiknya pengurus Senat dan BEM FH Unrika diharapankan mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (TDPT) yang menjadi kewajiban setiap Pergurun Tinggi," ujar Rustam.

Dalam pelantikan itu, Heri Yanto terpilih sebagai Gubernur BEM FH Unrika Batam, dan Bambang Kurniawan selaku ketua Senat.

Rustam, menekankan kepada Gubernur BEM FH Unrika terpilih beserta pengurus untuk lebih mengaktifkan seluruh program Kampus.

"Program-program yang akan dilaksanakan nantinya, dapat lebih bermanfaat bagi Fakultas, Universitas dan dapat dirasakan masyarakat luas dampak baiknya. BEM harus berpikir sehat, mengenyampingkan egoisme dan berpedomankan kesuksesan tanpa lupa rasa saling menolong," kata Rustam.(*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved