Jangan Tebang Hutan Kami, Kata Warga yang Kawal Konsultasi PT KJJ di Kantor Camat Jemaja Timur

Tuntuntan mereka sama, menolak hadirnya perusahaan yang berniat membuka perkebunan karet di lahan seluas 3.605 hektare di pulau tersebut

Jangan Tebang Hutan Kami, Kata Warga yang Kawal Konsultasi PT KJJ di Kantor Camat Jemaja Timur
tribunbatam/septyanmuliarohman
Polisi dari Polsek dan pasukan Brimob berjaga di kantor Camat Jemaja Timur terkait konsultasi publik PT KJJ di kantor camat tersebut, Selasa (24/5/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Ratusan warga yang terdiri dari sejumlah perwakilan masing-masing desa di Pulau Jemaja mendatangi kantor Camat Jemaja Timur, Selasa (24/5/2016) pagi.

Kedatangan mereka guna mengawal langsung konsultasi publik PT Kartika Jemaja Jaya (KJJ) yang berlangsung di aula kantor camat.

Tidak hanya di depan halaman kantor Camat Jemaja Timur yang berlokasi di Desa Ulu Maras.

Aksi perwakilan masyarakat juga tampak di depan pintu masuk Desa Ulu Maras ketika rombongan tim amdal, perwakilan perusahaan, serta pimpinan SKPD menuju kantor camat.

Tuntuntan mereka sama, menolak hadirnya perusahaan yang berniat membuka perkebunan karet di lahan seluas 3.605 hektare di pulau tersebut.

Meski terdapat aksi dari perwakilan masyarakat, namun temu warga dalam rangka konsultasi publik tetap dilakukan.

Camat Jemaja Timur, Ari sofyan meminta kepada perwakilan masyarakat untuk menggunakannya secara bijaksana demi kemajuan Pulau Jemaja.

Ia menambahkan, konsultasi publik yang dilakukan ini merupakan rangkaian proses yang pelaksanaannya diatur dalam Undang-Undang.

"Saya yakin yang ada di sini orang-orang yang sudah mewakili suara masyarakat. Semua yang ada di ruangan ini bebas dari tekanan dan paksaan," ujarnya.

Lilik Widodo mewakili Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, terdapat proses panjang yang harus dilalui pihak perusahaan untuk mendapatkan izin lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved