Rektor Unrika Batam Tandatangani kerjasama dengan Komis Pemberantasan Korupsi

Perekaman dan pelaporan ini dilakukan, guna memantau kinerja para penegak hukum, baik Hakim, Jaksa, serta Kepolisian dalam hal menindak pelaku tipikor

Rektor Unrika Batam Tandatangani kerjasama dengan Komis Pemberantasan Korupsi
Istimewa
Rektor Unrika Batam, Prof. DR. Zainuddin, M.Pd (tengah, kemeja hitam) didampingi Delegasi PJKAKI KPK RI dan Ketua PN Tanjungpinang, Jupriyadi, SH (tengah, kemeja hitam, pakai pin Pengadilan) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Fakultas Hukum (FH) Universitas Riau Kepulauan (Unrika), melalui Rektor Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd secara resmi menandatangani nota perjanjian kerjasama (PKS) antara FH Unrika Batam bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Selasa (31/5/2016) siang.

Dalam penanda tanganan ini, FH Unrika Batam dipercaya oleh KPK RI menjadi salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang bertugas untuk memantau, serta merekam setiap persidangan dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam PKS tersebut, dipaparkan fungsi dan tugas, hak, serta kewajiban Tim Rekam Sidang yang telah dibentuk sebelumnya‎ ditujukan untuk merekam persidangan Tipikor dan selanjutnya membuat pelaporan.

Perekaman dan pelaporan ini dilakukan, guna memantau kinerja para penegak hukum, baik Hakim, Jaksa, serta Kepolisian dalam hal menindak pelaku tipikor (koruptor).

"Unrika kembali dipercaya untuk melanjutkan tugas perekaman sidang tipikor di PN Tanjungpinang oleh KPK RI. Dalam hal ini, Unrika diwakili Fakultas Hukum, merupakan satu-satunya kampus yang dipilih KPK RI untuk menjalankan fungsi pengawasan sebagaimana dimaksud dalam surat perjanjian kerjasama tersebut," kata Rektor Unrika Batam, Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd, Selasa (31/5/2016) dalam rilis yang diterima Tribun.

Dikatakannya juga, dengan kepercayaan yang diberikan oleh KPK RI. Unrika, khususnya Dekan, Dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum akan menjalankan tugas dengan baik dan konsisten sesuai perjanjian.

Kerja sama tersebut, juga dianggapnya sebagai amanah yang harus betul-betul dijaga dan dilaksanakan. Hal ini dipastikannya juga akn erjalan dengan baik, karena telah dibentuknya tim rekam yang juga telah diuji sebelumnya.

"Ini semua amanah yang harus kita jaga, kita salah satu kampus yang dipercaya KPK RI dalam daftar 34 kampus yang dinobatkan sebagai pelaksana rekam sidang. Untuk timnya sudah dibentuk, pastinya beranggotakan mahasiswa yang berkompeten dan pastinya berprestasi cemerlang," tegasnya.

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Dekan FH Unrika, Rustam, SH., MH. Ia memaparkan, tim rekam yang telah dibentuk atas kepercayaan KPK RI ini telah teruji kinerjanya.

"Tim yang kita bentuk sudah sesuai dengan SOP dan teruji kinerjanya, karena Unrika menjadi kampus satu-satunya di Kepri yang dipercaya KPK, maka kita akan berikan hasil yang terbaik," kata Rustam.(*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved