Dewan Kawasan Setujui Hibah Aset ke Pemko Batam. Darmin: Sudah saatnya BP Batam dan Pemko Bersinergi

Adapun Aset yang diminta setuju dihibahkan adalah TPA Telaga Punggur, Mesjid Agung Batam Center, Masjid Baiturrahman Sekupang, Pasar Induk Jodoh.

Dewan Kawasan Setujui Hibah Aset ke Pemko Batam. Darmin: Sudah saatnya BP Batam dan Pemko Bersinergi
Istimewa
Menko Perekonomian Darmin Nasution 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Dewan Kawasan (DK) Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam telah melakukan rapat pada Kamis (2/6/2016) lalu. Rapat DK Batam dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan dihadiri oleh seluruh anggota DK Batam yaitu; Menteri Dalam negeri, Menteri Hukum dan Ham, Menteri Perdagangan, Menteri Keuangan (diwakili), Menteri ATR&BPN (diwakili), Panglima TNI (diwakili), Kapolri (Diwakili), Gubernur Kepri ( diwakili ), Wali Kota Batam dan Ketua DPRD Prop Kepri.

Dalam Pertemuan tersebut, Kepala dan seluruh pimpinan BP Batam juga hadir.

Rapat DK Batam ini adalah Rapat yang pertama setelah pengangkatan pimpinan BP Batam yang baru pada tanggal 5 April 2016 yang lalu.

Rapat juga mendengar laporan dan rekomendasi Tim Teknis DK-Batam (terdiri dari wakil semua anggota DK Batam termasuk wakil dari Wali Kota batam) yang menyampaikan agenda pertemuan ini untuk dibahas dan diputuskan.

Dalam rekomendasi Tim Teknis pembahasan dan keputusan akan diambil dalam 3 tahap, dan untuk tahap pertama adalah, penyelesaian aset dan pelaksanaan perizinan secara terintegrasi melalui PTSP serta penyederhanaan pelayanan kegiatan ekspor dan impor.

Mengingat waktu rapat yang terbatas, maka Ketua DK-Batam/Menko Perekonomian menerima usul Tim Teknis untuk pada tahap pertama ini fokus pada tiga masalah yaitu perizinan dalam hal ini PTSP, masalah Asset yang diminta Pemko Batam dan pelayanan impor dan ekspor.

Ketua DK Batam Darmin Nasution menyatakan bahwa penyelesaian dua masalah pertama tersebut penting untuk terciptanya sinergitas BP-Batam dengan Pemko Batam. Sehingga pembahasan mengenai hal ini cukup dalam oleh tim teknis.

Dewan Kawasan juga sangat menghargai langkah yang diambil BP-Batam sebelum rapat ini diadakan, karena telah menjawab permintaan Pemko Batam secara positif dan ini telah membantu tugas DK-Batam dalam menyelesaikan masalah.

Adapun Aset yang diminta setuju dihibahkan adalah TPA Telaga Punggur, Mesjid Agung Batam Center, Masjid Baiturrahman Sekupang, Pasar Induk Jodoh.

Atas permintaan Wali Kota Batam dalam rapat juga telah lebih lanjut disetujui hibah atas Kantor Wali Kota Batam dan Kantor DPRD Batam dengan catatan, semua aset tersebut tidak diperbolehkan untuk berubah bentuk dan pemanfaatannya serta melalui proses persetujuan Menteri Keuangan.

Halaman
12
Penulis: Anne Maria
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved