Breaking News:

Kelurahan Gadingsari Juarai Festival Lampu Colok di Karimun

Dari 27 peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut, empat diantaranya ditetapkan sebagai pemenang yaitu Ikatan Pemuda Putra Sengko Kelurahan Gading

tribunnews batam/rachta yahya
Festival lampu colok di Kundur, Karimun, 2016. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) selaku penyelenggara Festival Lampu Colok Kecamatan Kundur, mengumumkan para pemenang festival yang digelar pada 10 hari terakhir ramadan 1437 Hijriah/2016.

Dari 27 peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut, empat diantaranya ditetapkan sebagai pemenang yaitu Ikatan Pemuda Putra Sengko Kelurahan Gading Sari dengan nialai 88,70 meraih juara I.

Selanjutnya, juara II dengen nilai 86,85 diraih Musala Raudatul Jannah Kelapa Gading, Kelurahan Tanjungbatu Barat.

Sedangkan juara III oleh Remais Masjid Miftahul Fallah Desa Sungai Sebesi dengan nilai 85 dan juara IV yakni Masjid Al Munawaah Batu 8, Kelurahan Tanjungbatu Barat dengan nilai 84,85.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan tropi.

Ketua PHBI Kecamatan Kundur, Masnur mengatakan festival lampu colok ini, dilaksanakan untuk melestarikan budaya Melayu dan membina pemuda agar menjadi generasi yang kreatif serta menguatkan jalinan silaturahmi sesama warga.

“Lampu colok berawal dari para orang tua-tua dahulu yang dipergunakan untuk menerangi malam-malam akhir ramadan, terutama menerangi jalan menuju ke masjid untuk membayar zakat dan beribadah,” kata Masnur.

Ia mengatakan banyak warga yang datang ke pulau Kundur terkhusus untuk menyaksikan keindahan festival lampu colok dengan beragam miniatur tersebut.

Ia berharap festival lampu colok tersebut dapat dilestarikan dengan keikutsertaan dari pemeritah daerah sehingga tradisi peninggalan orang tua terdahulu tidak hilang ditelan zaman.(*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved