Ekonomi Italia Kian Suram dan jadi Ancaman Baru bagi Eropa

Krisis ekonomi di Italia jadi ancaman baru bagi Eropa.

Ekonomi Italia Kian Suram dan jadi Ancaman Baru bagi Eropa
agrigentonotizie.it
Grande Hotel San Calogero, Italia. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ROMA- Krisis ekonomi di Italia jadi ancaman baru bagi Eropa.

International Monetary Fund (IMF) telah memperingatkan pertumbuhan ekonomi Italia yang stagnan selama dua dekade terakhir.

Tahun ini, pertumbuhan ekonomi Italia tidak sampai 1 persen, lebih rendah dari perkiraan ekonom yang sebesar 1,1 persen.

Seperti dilansir CNN, Selasa (12/7), akibat krisis ekonomi Italia ditambah efek British Exit (Brexit), pekan lalu IMF menggunting proyeksi pertumbuhan ekonomi zona Eropa tahun ini menjadi 1,6 persen dari sebelumnya 1,7 persen.

Sedangkan tahun depan prediksi pertumbuhan ekonomi Eropa versi IMF dipangkas menjadi 1,4 persen dari sebelumnya 1,7 persen.

IMF memprediksikan, perbaikan ekonomi Italia masih akan berlangsung lama dan penuh risiko.

Meski demikian, IMF tetap mengimbau supaya usaha pemulihan tersebut digencarkan lagi demi mengurangi jumlah pengangguran secara signifikan. Salah satunya dengan memperbaiki kondisi pembukuan yang genting dan mengurangi utang negara secara signifikan.

Kondisi ekonomi Italia yang buruk tersebut salah satunya disebabkan oleh krisis kredit macet perbankan. Faktor lain, Italia juga terbebani utang yang tinggi, kedua terbesar setelah Yunani.

Akibat lonjakan kredit macet alias non performance loan (NPL), perbankan di Italia membutuhkan suntikan dana segar. Meski demikian, nasabah ritel tetap mendapatkan jaminan dari lembaga penjamin simpanan (bail-in).

Kekhawatiran mengenai bail-in ini harus ditangani dengan tepat. Menurut Bloomberg, penegasan IMF agar dilakukan reformasi pada industri keuangan demi mendorong stabilitas keuangan dan mendukung pemulihan ekonomi.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved