Buaya Sepanjang 3 Meter Ini Dievakuasi dari Seorang Warga yang Telah Merawatnya Selama 21 Tahun

Buaya tersebut dievakuasi tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar, Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang

Buaya Sepanjang 3 Meter Ini Dievakuasi dari Seorang Warga yang Telah Merawatnya Selama 21 Tahun
dok. BKSDA Kalbar
Proses evakuasi buaya muara sepanjang 3 meter dari seorang warga di Singkawang, Kalimantan Barat (20/7/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus Porosus) dari seorang warga di Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/7/2016).

Kepala BKSDA Kalnar Sustyo Iriono mengatakan, buaya berjenis kelamin jantan sepanjang 3 meter tersebut diserahkan warga bernama Budi Van Darol, warga Jalan Swadaya, Singkawang.

Buaya tersebut dievakuasi tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar, Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang.

"Buaya tersebut diperoleh Budi dari daerah Paloh pada tahun 1995 dan sudah dipelihara selama 21 tahun," ujar Sustyo, Rabu (20/7/2016).

Saat di evakuasi, buaya tersebut dalam kondisi sehat dan terawat oleh pemiliknya.

"Karena kesadarannya, pemilik kemudian secara sukarela ingin menyerahkan buaya tersebut ke Balai KSDA Kalimantan Barat," ungkap Sustyo.

Saat ini buaya muara tersebut sudah dievakuasi dan selanjutnya dititiprawatkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo, Singkawang.(*)

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved