Breaking News:

Kirab Api PON XIX 2016 Akan Menempuh Jarak 1004,5 Kilometer

Kirab api PON XIX/2016 Jabar juga akan diarak melintasi jalur selatan dari Pangandaran ke Tasikmalaya

Dok humas.jabarprov.go.id
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga Ketua PB PON mengungkapkan, PON ke-19 sudah di depan mata. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kirab Api PON XIX/2016 Jawa Barat akan menempuh 1004,5 kilometer mulai dari kawasan Balongan Kabupaten Indramayu hingga ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang menjadi tempat penyelenggaraan Upacara Pembukaan PON XIX//2016 Jabar.

"Jarak tempuh kirab akan mencapai 1004,5 kilometer mulai dari Balongan ke Stadion GBLA Bandung, seluruh kabupaten/kota di Jabar akan dilintasi rombongan kirab," kata Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan di Bandung, Senin (1/8/2016).

Selain melintasi jalur jalan yang biasa di jalur selatan dan Pantura, kirab api PON XIX/2016 Jabar juga akan diarak melintasi jalur selatan dari Pangandaran ke Tasikmalaya.

"Semuanya daerah akan dilintasi, sehingga PON diketahui warga Jabar dan semangatnya bisa sampai kepada masyarakat," kata Ahmad Heryawan.

Sementara itu pelaksanaan kirab api PON akan melibatkan orang banyak hingga ribuan orang di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat serta PB PON XIX/2016 Jabar.

Selain itu juga akan melibatkan puluhan even organizer yang akan menjadi panitia prosesi kirab api yang diambil dari sumber api abadi di kawasan Pantau Utara Jabar itu.

Selain melibatkan pelari dari Kodam III Siliwangi, kirab api PON itu akan mengundang para legenda olahraga dari setiap kabupaten/kota yang dilintasi.

Setiap kabupaten/kota akan menyimpan api yang akan dinyalakan selama penyelenggaraan PON XIX/2016 berlangsung.

Pelaksanaan kirab akan dilakukan 5-17 September 2016. Sedangkan pelaksanaan PON XIX/2016 Jabar akan digelar 17-29 September 2016. Dilanjutkan penyelenggaraan Pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016 yang akan digelar 15-25 Oktober 2016.

Rute kirab obor PON akan dibagi ke dalam beberapa etape, dengan total 108 etape. Etape pertama dimulai dari Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut.

Kemudian Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Beksai, Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.(*)

Editor: Mairi Nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved