Menpan RB Asman Abnur Geleng-geleng, Habis Jumat Kantor Pemda Sudah Kosong

Habis Jumatan, ada yang enggak datang lagi ini (ke kantor). Saya akan kunjungi daerah-daerah yang seperti itu. Ada daerah habis Jumatan, bubar Pak

Menpan RB Asman Abnur Geleng-geleng, Habis Jumat Kantor Pemda Sudah Kosong
Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur geleng-geleng kepala melihat disiplin pegawai di daerah.

Ia mendapatkan laporan gambaran umum terkait kinerja pegawai di seluruh Indonesia.

Berdasarkan laporan itu, terungkap kebiasan-kebiasaan PNS di daerah. Salah satunya yakni kerap pulang sebelum jam kerja selesai.

"Nggak usah saya sebutkan daerahnya. Ada yang jam 11.00, pegawai negerinya sudah pulang semua. Jam 11.00 ini, kantor pemerintahan daerahnya kosong. Gimana mau maju kalau kayak gitu," ujar Asman di Batam, Jumat (12/8/2016).

Selain itu, ia juga mendapatkan laporan yang tidak kalah membuat pusing. Ada daerah yang pegawainya kerap tidak kembali ke kantor setelah ibadah salat jumat.

"Habis Jumatan, ada yang enggak datang lagi ini (ke kantor). Saya akan kunjungi daerah-daerah yang seperti itu. Ada daerah habis Jumatan, bubar Pak," kata dia.

Berdasarkan laporan itu pula, ia mengetahui bahwa 60 persen lebih aparatur sipil negara (ASN) pemerintah memiliki spesifikasi yang bersifat umum.

Hanya sekitar 40 persen yang memiliki spesifikasi atau kemampuan tertentu.

Melihat kondisi itu, Asman akan berusaha memperbaiki disiplin dan kompetensi para PNS, terutama di daerah.

Ia tidak ingin ada pegawai yang ditempatkan tidak sesuai keahliannya. Ia berharap aparatur negeri sipil Indonesia bisa bekerja cerdas, cepat, dan memiliki daya pikir yang inovatif.

"Harus punya kinerja yang terukur, bidang sesuai keahliannya. Jangan nanti dokter dijadikan kepala kepegawaian," ucap menteri yang belum genap sebulan dilantik itu.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved