WAJIB LIHAT NIH, Malam ini 200 Meteor Akan Menghujani Bumi

Di perkotaan mungkin tinggal setengah atau sepertiganya yang bisa tampak. Tetapi yang jelas ini lebih besar dibandingkan sebelumnya,"

WAJIB LIHAT NIH, Malam ini 200 Meteor Akan Menghujani Bumi
Istimewa
Ilustrasi Hujan meteor Perseid 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Jumat (12/8/2016) malam ini akan dihiasi fenomena langit menarik. Sekitar 200 meteor akan tampak per jam. Jangan lupa untuk menyaksikan.

Ratusan meteor yang akan tampak itu adalah wujud dari fenomena hujan meteor Perseid.

Fenomena ini sebenarnya terjadi setiap tahun. Namun, tahun ini akan lebih istimewa.

Astronom amatir Ma'rufin Sudibyo mengatakan, hujan meteor tahun ini akan lebih ramai. "160 - 200 meteor per jam akan tampak untuk kawasan yang betul-betul gelap," katanya.

"Di perkotaan mungkin tinggal setengah atau sepertiganya yang bisa tampak. Tetapi yang jelas ini lebih besar dibandingkan sebelumnya," imbuhnya.

Astronomy Magazine pada 5 Agustus 2016 menyatakan, hujan meteor Perseid tahun ini adalah yang terbaik dalam sekitar 20 tahun terakhir.

Menurut Ma'rufin, jumlah meteor yang lebih banyak berkaitan dengan posisi Bumi kali ini yang tepat berada di filamen Perseid yang lebih pekat dari sebelumnya.

Filamen adalah kumpulan meteoroid - sederhananya cikal bakal meteor - untuk hujan meteor tertentu yang membentuk geometri tertentu di langit.

Ketika melewati daerah itu, atmosfer Bumi akan berinteraksi dengan kumpulan meteoroid. Akhirnya, sejumlah debu dan batu terbakar, menghasilkan fenomena hujan meteor.

Fenomena hujan meteor kali ini lebih baik diamati saat dini hari, mulai Sabtu (13/8/2016) pukul 01.00 WIB hingga fajar.

Halaman
12
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved