Menteri Asman Abnur Bikin SIM di Polresta Barelang. Untuknya, Hanya Perlu 45 Menit SIM Langsung Jadi

Asman yang didampingi stafnya tersebut terlihat asyik mengikuti prosedur pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolresta Barelang, Batam.

Menteri Asman Abnur Bikin SIM di Polresta Barelang. Untuknya, Hanya Perlu 45 Menit SIM Langsung Jadi
tribunnews batam/anne maria
Menpan RB Asman Abnur didampingi stafnyaterlihat asyik mengikuti prosedur pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di sana, Sabtu (13/8/2016) pagi. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Menpan RB Asman Abnur berkunjung ke Mapolresta Barelang, Batam, Sabtu (13/8/2016) pagi.

Asman yang didampingi stafnya tersebut terlihat asyik mengikuti prosedur pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di sana.

Satu persatu tahapan pembuatan SIM dirasakan Asman langsung, mulai pengisian data, scan, hingga tes tertulis yang seluruhnya sudah dilaksanakan dengan sistem komputerisasi.

Tak sampai 45 menit, SIM baru pun sudah keluar.

Menurut Asman, pelayanan tersebut sudah jauh lebih maju dibandingkan pelayanan lama yang pernah dirasakannya sebelum menjadi menteri.

"‎Kalau dulu buatnya diujung sana, pakai model kios. Sekarang di sini, sudah pakai AC, ada nomor antrian, sistemnya komputerisasi semua. Sudah keren. Di Polresta Barelang sudah selangkah lebih maju dibanding daerah lain. Proses awal sampai akhir tadi saya rasakan sudah standar e-goverment. Cuma 45 menit langsung jadi," tutur Asman mengungkapkan kepuasannya.

Asman menjelaskan, kunjungannya ke sana bukan tanpa sebab.

Ia membawa tugas yang dipesan khusus oleh presiden untuk mengubah pelayanan publik yang ada di daerah.

"Pelayanan publik ini hak rakyat yang nggak boleh diabaikan. Seluruh pelayanan publik diminta pak presiden harus punya standar ke depannya. Satu diantaranya seperti pelayanan SIM di sini," ujar dia.

‎Tak hanya meninjau pelayanan SIM, ia pun menyempatkan diri untuk meninjau pelayanan di Samsat Kepri.

Asman menyatakan dirinya sudah menyampaikan kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun agar pelayanan Samsat Kepri tidak kalah dengan yang ada di Surabaya.

"Di sana (Surabaya), sudah ada dhrive tru, seperti ATM. Jadi tinggal masuk, kasih STNK yang mau diperpanjang, sudah langsung jadi. Kalau hal-hal seperti ini bisa dibenahi, Insya Allah rakyat bahagia. dengan kehadiran pemerintah, pelayanan publiknya dibenahi, dan rakyat happy, Insya Allah negara akan maju," tutur dia.

Tinggal lagi ke depan, menurut Asman Abnur gedung pelayanan tersebut harus di upgrade kembali.

Pemda beserta BP Batam diminta untuk mencarikan tempat khusus bagi pelayanan publik Polda Kepri.

‎"Jadi di sana nanti akan disentralkan atau pelayanan terpadunya. Tapi yang sekarang saja saya lihat prasarananya sudah maju, meski belum seperti di negara maju," katanya.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved