Pesawat Sukhoi Buatan Rusia Ini Teronggok di Parkiran Bandara Hang Nadim. Ternyata Ini Alasannya

Awalnya ada empat pesawat yang sudah tidak beroperasi dan dianggap mengganggu pesawat yang masih aktif terbang karena masih terparkir di apron

Pesawat Sukhoi Buatan Rusia Ini Teronggok di Parkiran Bandara Hang Nadim. Ternyata Ini Alasannya
tribunbatam/elizagusmeri
Pesawat jenis Sukhoi milik maskapai nasional di apron Bandara Hang Nadim 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - General Manager Umum, Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso membenarkan ada dua pesawat tua yang terparkir di apron Bandara.

Pesawat itu memiliki masalah utang dengan pengelola Bandara.

Jenis Sukhoi Superjet 100 milik Sky Aviation itu merupakan pesawat kargo mesin baling-baling juga masih terkendala asuransi, sehingga belum bisa dipindah.

"Saya juga meminta pada manajemen dua pesawat lain bisa segera melunasi kewajibannya agar bisa segera dipindahkan dari apron," kata dia.

Lanjut dia, awalnya ada empat pesawat yang sudah tidak beroperasi dan dianggap mengganggu pesawat yang masih aktif terbang karena masih terparkir di apron.

"Banyak yang harus antre pada taxi-way usai mendarat sebelum bisa masuk apron, New Jatayu Air, dan sebuah pesawat baling-baling lain sudah dipindahkan ke rerumputan tidak jauh dari apron," katanya.

Belum lagi, pesawat Boeing 737-300 milik New Jatayu Air diperbaiki dan diterbangkan usai melunasi hutang sekitar Rp76 juta.

New Jatayu Air gagal beroperasi setelah pemerintah menetapkan peraturan mengenai jumlah pesawat lebih banyak bagi maskapai komersial di Indonesia.

Menurutnya, semua kewajiban pada Bandara sudah selesai jadi tidak ada alasan lagi menahan pesawat itu.

Maskapai yang sudah memiliki tiga pesawat termasuk salah satu disiapkan di Batam dan izin lengkap tersebut akhirnya batal beroperasi pada awal 2015 lalu.

"Pesawat yang masih layak terbang akan dibawa ke Inggris. Saat ini tengah dicek kesiapannya," ujar dia. (*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved