Ini Dia Fungsi Gelang di Tangan Jamaah Calon Haji

"Jadi di gelang itu memuat banyak informasi. Bisa diketahui jemaah asal negara mana. Ada lambang negara. Nomor paspor. Kloter berapa. Dari embarkasi

Ini Dia Fungsi Gelang di Tangan Jamaah Calon Haji
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Jamaah Calon Haji mengenakan gelang ketika tiba di Embarkasi Batam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Setiap Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat ke tanah suci Mekah, pasti akan dibekali sebuah gelang haji.

Gelang ini bisa didapat setibanya jemaah di Embarkasi Haji Batam Center.

Untuk embarkasi Batam di Asrama Haji-Batam Center misalnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan menyerahkan 'barang berharga' ini, di bagian pelayanan one stop service.

Apa fungsi gelang haji?

Kabid Perbekalan Haji di Embarkasi Batam, Hamdanis mengatakan, gelang haji merupakan salah satu perlindungan kepada jemaah. Fungsinya sama seperti paspor.

"Jadi di gelang itu memuat banyak informasi. Bisa diketahui jemaah asal negara mana. Ada lambang negara. Nomor paspor. Kloter berapa. Dari embarkasi mana. Nama siapa," kata Hamdanis kepada Tribun.

Itu sebabnya, kata Hamdanis, gelang haji ini tidak boleh dilepas. Apabila terjadi sesuatu dengan jemaah selama berada di Mekah, keberadaan gelang ini akan lebih memudahkan kerja petugas.(*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved