Proyek Pembangunan Puskesmas Senilai Rp 9,3 M di Galang Mulai Dikerjakan

Dinas Kesehatan kembali membangun fasilitas kesahatan berupa Puskesmas tambahan Kecamatan Galang, persisnya di Jalan Trans Barelang, Rempang Cate.

Proyek Pembangunan Puskesmas Senilai Rp 9,3 M di Galang Mulai Dikerjakan
tribunnews batam/bobi
Tampak pengerjaan proyek Puskesmas tambahan yang dibangun Dinas Kesehatan Pemko Batam di Kecamatan Galang, persisnya di Jalan Trans Barelang, Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Dinas Kesehatan kembali membangun fasilitas kesahatan berupa Puskesmas tambahan Kecamatan Galang, persisnya di Jalan Trans Barelang, Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam.

Proyek ini sendiri baru mulai dikerjakan sekitar satu bulan yang lalu, dimana baru terlihat pengerjaan pematangan lahan dan pembuatan fondasi bangunan.

Di Galang, sebelumnya sudah tersedi Puskesmas yang berlokasi di desa Sembulang, namun kondisi geografis Kecamatan Galang yang terdiri atas pulau-pulau dan kampung yang jaraknya saling berjauhan, membuat kehadiran Puskesmas tambahan ini sangat membantu masyarkat.

Demikian juga dengan konsentrasi para petugas kesehatan yang bisa membagi wilayah kerja mereka.

Selama ini Puskemas Sembulang ini menjadi satu-satunya rujukan masyarakat sebanyak delapan kelurahan yang ada di Galang.

"Baguslah ya, memang satu Puskesmas itu tak cukup, kita ini luas, ada yang di pulau juga, kasian juga sama orang-orang Puskesmas, mereka sedikit" kata Suardi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Rempang Cate kepada Tribun Batam, Senin (15/8/2016) pagi.

Suardi menambahkan, hadirnya puskesmas yang berlokasi di dekat jalur utama Rempang dan Galang (Relang) ini memudahkan masyarakat.

Masyarakat yang berada satu tanah dengan Relang ini tentunya bisa langsung datang untuk berobat.

Sedangkan Puskesmas yang berada di Desa Sembulang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang berada di pulau-pulau yang terpisah dengan Relang.

"Nanti bisa dibagi dua, di sini buat warga yang dekat-dekat sini, Cate, Pantai Melayu, kampung-kampung yang dekatlah. Kalau di Sembulang itu ngurus orang yang datang dari pulau-pulau, banyak orang Galang ini yang tinggal di pulau" kata Suardi lagi.

Sementara itu, proyek pengerjaan Puskesmas yang direncanakan selesai selama 160 hari kalender menelan dana sebesar Rp9, 361 miliar.

Proyek tersebut dikerjakan PT Buana Mitra Graha.

"Belum lama ini, kita baru sekitar sebulan mulai kerja. Ini kita tengah pasang besi untuk fondasi bangunan" ungkap Darsono, satu dari banyak pekerja yang ditemui Tribun Batam di lokasi proyek.(*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved