Hindari Cedera Leher Buah Hati Anda, Pilihlah Tas Ransel yang Tepat

Model ransel dengan roda bisa menjadi pilihan baik bila anak harus membawa beban berat, sehingga mereka cukup mendorongnya saja.

Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi Tas ransel untuk hindari cedera leher pada anak 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Orangtua disarankan lebih cermat dalam memilih ransel bagi anak-anak usia sekolah, terutama prasekolah untuk mengurangi risiko cedera leher hingga gangguan postur tubuh anak.

Banyak siswa menggunakan ransel untuk membawa buku dan perlengkapan sekolah. Ketimbang tas selempang, ransel dapat membantu menopang beban dengan lebih baik bagi tubuh, sehingga dinyatakan lebih sehat bagi anak-anak.

Tetapi pemilihan dan penggunaan ransel yang tidak benar dapat menyebabkan cedera otot dan sendi, leher dan nyeri bahu, serta masalah postur, ahli kesehatan anak memperingatkan.

The American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan, bahwa orangtua dan anak-anak perlu memilih ransel dengan cermat, seperti memilih ransel dengan berat ringan dan tali bahu lebar serta empuk.

Pastikan anak menggunakan kedua tali bahu saat membawa ransel, tidak hanya satu.

Pastikan juga anak menggunakan tali pinggang pada ransel untuk menyeimbangkan berat.

Model ransel dengan roda bisa menjadi pilihan baik bila anak harus membawa beban berat, sehingga mereka cukup mendorongnya saja. Namun, ransel beroda agak sulit untuk dibawa naik tangga.

Para ahli mengatakan, anak-anak harus selalu menggunakan ransel yang merekat dengan tubuh, dan bagian bawah ransel tidak melewati pinggang, ini tanda ransel tidak kebesaran.

Orangtua juga disarankan untuk memastikan bahwa muatan ransel tidak melebihi 10-20 persen dari berat tubuh anak. Dan benda yang paling berat harus diletakkan pada bagian ransel yang paling dekat dengan punggung.

Bila tidak, ditakutkan postur tubuh anak akan terganggu, seperti pertumbuhan dan bentuk tulang akibat beban yang terlalu berat.

Ajarkan anak-anak untuk tidak sering membungkuk saat membawa ransel. Bila ingin mengambil barang jatuh saat mereka mengenakan ransel, minta anak untuk menekuk kedua lutut mereka untuk mengurangi risiko cedera punggung.

Jika memungkinkan, minta anak-anak menyimpan buku-buku berat di loker sekolah, dan hanya membawa pulang buku yang dibutuhkan ke rumah.(*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved