Proyek Jalan Lintas Barat Tembus ke Tanjungpinang lewat Wacopek, Pemkab Bintan Garap Tahun Ini

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, proyek jalur Lintas Barat lanjutan dari Batu 16 ke Dompak lewat Wacopek bakal digarap tahun ini

Proyek Jalan Lintas Barat Tembus ke Tanjungpinang lewat Wacopek, Pemkab Bintan Garap Tahun Ini
Aminnudin
Bupati Bintan Apri Sujadi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTANBupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, proyek jalur Lintas Barat lanjutan dari Batu 16, Kecamatan Toapaya hingga Korindo, Kecamatan Bintan Timur rencananya bakal dihubungkan langsung ke kawasan Dompak, Tanjungpinang.

Koneksifitas itu akan melalui kawasan Wacopek, Bintan Timur.

Konsep itu muncul setelah Pemkab mempelajari kondisi terbaru tata ruang wilayah Tanjungpinang dan Bintan terkini. Dari segi ekonomi, jika jalur lintas barat terhubung hingga ke Dompak, itu akan menguntungkan bagi Bintan.

Sebagai ibukota Kepri, Tanjungpinang mau tak mau dengan kondisi perkotaannya saat ini membutuhkan daerah penyangga agar tetap berkembang pesat sebagai ibukota provinsi. Karena secara geografis menyatu daratan dengan Bintan, mau tak mau Bintan yang harus dijadikan penyangga tersebut.

"Itu (Jalan) interkoneksi yang akan saya buat dalam rangka membuka akses baru pengembangan kota. Karena saya terpikir begini, perkembangan Ibukota provinsi (Tanjungpinang-red) itu kawasan pendukungnya adalah Bintan. Makanya kita harus menyiapkan infrastruktur dasarnya dulu yaitu akses jalan,"kata Apri.

Melihat hal itu, daerah Wacopek di Bintan Timur dilihat pas untuk menjadi penyangga awal perkembangan kota Tanjungpinang.

"Kita akan menyiapkan daerah Wacopek, Insya Allah kita akan fokuskan di sana untuk pengembangan tata ruang pemukiman dan perumahan," tandasnya.

Terkait anggaran proyek Lintas Barat lanjutan, pada tahun ini sebut Apri pemerintah pusat mengucurkan dana bantuan Rp40 miliar dari APBN-P 2016 untuk melanjutkan pembangunan jalur tersebut. "Dalam waktu dekat akan segera dilakukan (Pembangunannya). Kita akan mulai dari Korindo sampai ke Batu 16 di Kecamatan Toapaya," kata Apri.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU Bintan, Juni Rianto juga membenarkan pembangunan jalur lanjutan itu akan dilakukan pada tahun ini dengan memulai pembangunannya dari Korindo hingga ke Batu 16 dengan panjang 12,8 Km dan lebar 8 meter. "Ya memang dimulai dari Korindo dulu," kata Juni.

Terkait anggaran Rp40 miliar dari pemerintah pusat kata dia tidak sekadar untuk pengaspalan saja, melainkan untuk merampungkan seluruh pengerjaan cut and fill serta pembangunan box culvert sebanyak 8 unit disepanjang jalur tersebut sebelum dilakukan pengaspalan. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved