Alami Retak Kaca di bagian Depan, Maskapai Trigana Air Dapat Peringatan dari Dishub

“Saya telah memberikan teguran lisan kepada pihak Trigana Air. Mereka menyatakan telah mengganti kaca sehingga pesawat itu telah kembali beroperasi

Alami Retak Kaca di bagian Depan, Maskapai Trigana Air Dapat Peringatan dari Dishub
Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi kaca retak 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Maskapai Trigana Air mendapatkan peringatan dari Dinas Perhubungan Provinsi Papua.

Hal ini terkait retaknya kaca bagian depan salah satu pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 272 dan nomor registrasi PK-YSH sebelum mendarat di Bandara Klas I Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pada Sabtu (20/8/2016) lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Djuli Mambaya saat dihubungi dari Jayapura, Senin (22/8/2016).

Djuli menyatakan telah menghubungi langsung General Manager Trigana Air Service, Papua, Bustomi Eka Prayitno dan setelah mendapatkan informasi retaknya kaca pesawat Trigana Air sebelum mendarat di Bandara Wamena.

“Saya telah memberikan teguran lisan kepada pihak Trigana Air. Mereka menyatakan telah mengganti kaca sehingga pesawat itu telah kembali beroperasi seperti biasa,” kata Djuli.

Ia pun mengungkapkan, keretakan kaca pada bagian kiri disebabkan oleh pemuaian. Fenomena ini terjadi karena teriknya panas matahari disertai embusan angin yang sangat kencang.

“Selain karena pemuaian, teryata pihak Trigana belum pernah mengganti kaca selama pesawat tersebut beroperasi. Hal ini sangat kami sayangkan. Sebab, salah satu faktor penentu keselamatan dalam penerbangan adalah perbaikan dan pemeliharaan segala komponen pesawat secara berkala,” tutur Djuli.

Ia pun menegaskan, Dishub Provinsi Papua akan memberikan sanksi tegas apabila pihak Trigana kembali lalai dalam perawatan pesawat sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan.(*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved