Jumlah Korban Gempa Bertambah. Empat Kota Hampir Hilang di Peta

Jumlah korban juga terus bertambah menjadi 73 orang dan ratusan lainnya masih hilang. Upaya penyelamatan dan evakuasi tidak bekerja maksimal

Jumlah Korban Gempa Bertambah. Empat Kota Hampir Hilang di Peta
AP/dailymail
Foto udara yang memperlihatkan sebuah desa di Amatrice, Italia, rata dengan tanah, setelah diguncang gempa. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, PERUGIA - Dempa bumi Italia saemakin terlihat mengerikan. Sebuah gambar satelit menunjukkan bahwa empat kota di wilayah Umbria hampir terhapus dari peta. Empat kota disebutkan rata dengan tanah.

Jumlah korban juga terus bertambah menjadi 73 orang dan ratusan lainnya masih hilang. Upaya penyelamatan dan evakuasi tidak bekerja maksimal karena keterbatasan peralatan.

Gempa 6,2 pada Skala Richter terjadi pada pukul 03:30 dinihari waktu setempat atau siang hari waktu Indonesia. Saat gempa terjadi, seluruh warga sedang tidur nyenyak.

Agostino Severo, warga Roma yang pada saat kejadian berada di desa Illica, bagian utara dari Amatrice mengatakan, semua orang frustasi dan hanya bisa menangis. "Orang menangis untuk bantuan. Semuanya bingung karena petugas penyelamatan tiba berjam-jam kemudian."

Para penyelamat mendengar jeritan anak-anak dari reruntuhan dan penduduk setempat yang terlihat panik menggali dengan tangan kosong untuk menyelamatkan keluarga mereka.

Gempa yang menghancurkan kota-kota gunung dan desa-desa di Amatrice, Accumoli, Arquata del Tronto dan Pescara del Tronto.

Kota-kota dan desa-desa tersebut terletak di perbatasan tiga wilayah, Umbria, Lazio dan Marche. Perugi adalah kota populer bagi wisatawan asing. Kini, kota-kota kuno dan klasik itu hancur lebur.

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved