Breaking News:

KPPU: Biaya Pengiriman Kontainer di Batam Tidak Wajar

"Nilai atau harga yang dipublish di media berdasarkan jarak, nggak wajar. Tapi apa yang menyebabkan itu jadi tak wajar, ini yang perlu didalami,"

Penulis: Dewi Haryati | Editor:
Tribun Batam/Argianto
Ilustrasi Pengiriman Kontainer Barang dari Batam ke Singapura Tinggi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepala Kantor Perwakilan Daerah Batam Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Lukman Sungkar melihat ada sesuatu yang tidak wajar, dari tarif pengiriman peti kemas Batam ke Singapura.

Mengingat tarif yang ditetapkan itu sama antarperusahaan ekspedisi, dan bisa dibilang mahal.

Hal itu disampaikan Lukman usai kegiatan dialog persaingan usaha di Harris Hotel Batam Center, Jumat (26/8/2016).

"Nilai atau harga yang dipublish di media berdasarkan jarak, nggak wajar. Tapi apa yang menyebabkan itu jadi tak wajar, ini yang perlu didalami," kata Lukman.

Menurutnya, jika perusahaan ekspedisi ingin berkompetisi satu sama lain, semestinya ada perbedaan harga. Dari yang termurah hingga mahal, sehingga konsumen bisa memiliki pilihan.

"Kalau memang mau berkompetisi kenapa nggak lebih murah. Kenapa harganya mesti sama. Jadikan konsumen nggak punya pilihan lain. Selain itu siapa?," ujarnya.

Alternatif yang ditawarkan, jika tidak ingin melakukan pengiriman peti kemas ke Singapura melalui Batam, pelaku usaha bisa melakukan pengiriman peti kemas via Jakarta. Namun lagi-lagi timbul masalah lain.

Baca berita terkait di edisi cetak Tribun Batam. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved