Data-data Penting Puskesmas Tebing Hilang, Maling Embat Empat Laptop. Ini Nasib Data Rahasia Pasien

Pencuri membobol Puskesmas Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Akibat peristiwa itu, data-data penting Puskesmas hilang

Data-data Penting Puskesmas Tebing Hilang, Maling Embat Empat Laptop. Ini Nasib Data Rahasia Pasien
tribunbatam/elhadif putra
Pegawai Puskesmas menunjukkan lokasi pencuri masuk, Jumat (2/9/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Pencuri membobol Puskesmas Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Akibat peristiwa itu, empat unit laptop berisi data-data penting Puskesmas dibawa kabur pelaku.

Kejadian nahas tersebut diketahui pertama kali oleh cleaning service Puskesmas Tebing bernama Lisa pada Jumat (2/9/2016) pagi. Lisa yang membuka pintu Puskesmas terkejut saat melihat dokumen telah berserakan di lantai. Melihat hal itu, Lisa kemudian melaporkan kepada staf puskesmas yang mulai berdatangan.

"Yang mengetahui pertama kali itu cleaning service saat buka pintu pagi," kata Kepala Puskesmas Tebing, Paras Hasibuan.

Diduga kuat pelaku masuk ke dalam puskesmas pada Jumat dini hari melalui lubang ventilasi ruangan P2M yang terletak dibelakang puskesmas. Pelaku juga mendobrak pintu ruangan-ruangan yang ada di dalam puskesmas.

"Sepertinya pencuri masuk lewat ventilasi lalu masuk dengan merusak pintu karena gagang pintu ruangannya rusak," ujar Paras menduga.

Paras menjelaskan jika tiga dari empat laptop yang digasak pelaku adalah inventaris puskesmas. Sedangkan satu laptop lainnya adalah milik pribadi staf keuangan puskesmas. Ia menyebutkan jika di dalam dalam laptop tersebut terdapat data penting untuk akreditasi puskesmas tebing.

"Dengar kabar (pencurian) itu saya langsung lemas. Di dalamnya ada data akreditasi dan data-data pasien," ujarnya saat dijumpai di Mapolsek Tebing.

Disebutkan Paras, puskesmas hanya kehilangan laptop saja. Pelaku tidak membawa kabur barang-barang elektronik lain seprti televisi dan printer ataupun barang lainnya. Saat ini Ia telah melaporkan kasus tersebut kepada Polsek Tebing.

Kapolsek Tebing, AKP Andi Amir Wahyudi yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah menerima laporan pencurian di Puskesmas Tebing. Andi mengaku kesulitan lantaran puskesmas tidak memiliki CCTv.

"Kita masih mendalami kasus ini. Saat ini anggita masih melakukan pemeriksaan," kata Andi yang dijumpai di ruangannya. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved