Bandara Corner

Garuda Batal Bangun Fasilitas Perawatan di Bintan, Ini Alasannya

Garuda Indonesia masih tertarik membangun pusat perawatan di Batam. Sebelumnya sempat berencana mengalihkan ke Bintan.

Garuda Batal Bangun Fasilitas Perawatan di Bintan, Ini Alasannya
tribunnews batam/elizagusmeri
Ilustrasi. Suasana di Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (6/8/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Garuda Indonesia masih tertarik membangun pusat perawatan di Batam. Sebelumnya sempat berencana mengalihkan ke Bintan. Hal ini dipertegas oleh General Manager Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, Minggu (4/9/2016).

"Karena di Bintan hingga saat ini masih banyak kendala, jadi mereka berminat mengalihkan ke Batam" kata dia.

Semula fasilitas perawatan pesawat GMF akan di bangun di atas lahan seluas 48 hektare di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebagai salah satu lokasi pengembangan kapasitas perawatan pesawat terbang.

Hal itu didukung oleh beberapa faktor di antaranya status Batam sebagai kawasan zona ekonomi eksklusif, dan pertumbuhan industri nasional maupun internasional di Batam sangat signifikan.

"Hingga saat ini lahannya masih ada. Harapan kami Garuda segera menyampaikan aplikasinya dan segera membangun. Meskipun mereka ingin kembali membangun di kawasan Hang Nadim Batam, namun aplikasi investasinya belum masuk ke BP Batam. Kami masih menunggunya," kata dia.

Sebelumnya Juni 2013, Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT GMF AeroAsia (Garuda Indonesia Group) telah menandatangani kerjasama pembangunan hangar dan fasilitas pendukung maintenance, repair dan overhaul (MRO) di Batam.

Rencana tersebut batal setelah pihak Garuda Indonesia berencana mengalihkan investasinya ke Kawasan Bandara Busung, Bintan yang ternyata hingga saat ini belum jadi dibangun.

Sejumlah perusahaan lainnya yang berminat membangun fasilitas pesawat di Hang Nadim, baru Lion Air Group dengan Batam Aero Technic yang sudah merealisasikan rencana dengan membangun pada kawasan 12 hektar. (*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved