Sebaiknya Anda Tahu

Mengapa Anda Harus Ngemil Alpukat Saat Hamil, Ini Rahasianya

Tak hanya enak, buah alpukat ternyata mengandung banyak manfaat. Terutama buat perempuan hamil. Ini khasiatnya

Mengapa Anda Harus Ngemil Alpukat Saat Hamil, Ini Rahasianya
net
Ilustrasi. Buah alpukat 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Selama ini alpukat mungkin sudah menjadi salah satu buah favorit Mama.

Buah dengan rasa creamy ini mudah diolah sebagai jus, atau dinikmati sebagai es alpukat. Nah, siapa sangka bahwa alpukat yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan ini juga menjadi pilihan kudapan sehat selama kehamilan?

Simak manfaat mengonsumsi alpukat selama kehamilan:

1. Kaya akan asam folat. Seperti Mama ketahui, asam folat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan organ-organ pada janin. Kekurangan asam folat saat hamil bisa menyebabkan kelainan bentuk pada tulang janin. Menurut WebMD, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil adalah 400 mcg (mikrogram) atau 0,4 mg (miligram) per hari, sedangkan setengah cangkir alpukat segar mengandung 59 mcg asam folat.

2. Mencegah anemia. Kekurangan zat besi bisa memicu anemia pada ibu hamil. Hebatnya, alpukat, atau yang sering disebut sebagai buah mentega, kaya akan zat besi yang membuatnya aman dikonsumsi selama kehamilan.

3. Mencegah sembelit. Salah satu problem ibu hamil yang biasa terjadi hingga akhir masa kehamilan adalah sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada alpukat membuat pencernaan Mama lebih sehat, dan terhindar dari masalah sembelit ini.

4. Kaya akan vitamin dan mineral. Alpukat mengandung berbagai vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan janin, di antaranya vitamin K, B6, B1, B2, dan C atau E. Alpukat juga mengandung kalsium, niacin, magnesium, dan fosfor, yang semua sangat dibutuhkan pada masa kehamilan.

5. Meredakan mual. Mual-muntah pada awal bahkan mungkin sepanjang kehamilan bisa membuat Mama kelelahan. Alpukat yang kaya akan vitamin C terbukti efektif dalam melawan gejala morning sickness tersebut.

6. Kaya akan kalsium. Bukan hanya susu yang kaya akan kalsium, tetapi juga alpukat. Kebutuhan kalsium ini meningkat saat kehamilan, karena janin membutuhkannya untuk pembentukan tulang dan sel-sel. Per 100 mg alpukat memenuhi 12 mg dari kebutuhan kalsium pada ibu hamil yang sebesar 1.000 mg per hari.

7. Meningkatkan perkembangan otak janin. Secangkir alpukat mengandung 22 mg klorin, yang menjadi sumber ideal untuk meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi.

8. Meredakan kram pada kaki. Sering mengalami kram kaki saat hamil? Nah, alpukat bisa jadi "obat" yang lezat untuk meredakan gangguan kesehatan yang kerap dialami ibu hamil ini.

9. Menjaga kadar gula darah dan kolesterol. Mengonsumsi alpukat setiap hari akan membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol Mama dalam batas sehat. Alpukat sendiri merupakan sumber lemak baik, yang dibutuhkan sebagai penambah energi, menyerap nutrisi, membentuk hormon, dan materi membran sel.

10. Membantu menyerap nutrisi. Terlepas dari kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, alpukat juga diketahui sangat membantu dalam menyerap semua nutrisi yang diperoleh dari sumber lain.

Ternyata, banyak sekali manfaat mengonsumsi alpukat saat hamil yang tidak pernah Mama bayangkan.

Kudap alpukat segar dengan tambahan sedikit gula, jadikan jus, olesan roti, tambahkan ke dalam sup atau salad, hm... silakan Mama berkreasi sendiri! (tabloid-nakita.com/Being the Parent)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved