Sebuah Minibus Tabrak Pesawat Berjalan di Landas Pacu Bandara Hongkong. Ini Kejadiannya

Sebuah pesawat Dragon Air berpenumpang 300 orang tiba-tiba ditabrak sebuah minibus saat berjalan menuju lokasi lepas landas di Bandara Hongkong

Sebuah Minibus Tabrak Pesawat Berjalan di Landas Pacu Bandara Hongkong. Ini Kejadiannya
kompas.com/Twitter/Mirror
Akibat menabrak mesin pesawat, pengemudi minibus terjepit dan mengalami luka sehingga harus mendapakan perawatan serius di rumah sakit. 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, HONGKONG - Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Dragon Air yang sudah dipenuhi 300 orang penumpang batal terbang dari bandara internasional Hongkong.

Namun, pesawat yang sudah memulai proses "taxi" untuk menuju ke landas pacu itu terhenti karena sebuah minibus menabrak mesin kiri pesawat itu dan membuat pengemudi minibus terjepit.

"Pesawat itu akan meninggalkan Hongkong menuju Penang saat bertabrakan dengan sebuah mobil minibus di dekat landasan," kata seorang juru bicara bandara.

Sementara itu, juru bicara kepolisian Hongkong mengatakan, pengemudi mobil minibus itu bisa diselamatkan.

"Dia terluka di bagian bahu dan langsung dilarikan ke rumah sakit Lantau untuk mendapatkan perawatan medis," ujar juru bicara kepolisian.

Sementara itu, sumber di maskapai Dragon Air mengatakan, sesuai hasil investigasi internal disimpulkan kru pesawat dengan nomor penerbangan KA691 itu tidak melakukan kesalahan.

Sebuah video yang merekam insiden yang terjadi pada Kamis (8/9/2016) itu memperlihatkan minibus itu meluncur ke arah pesawat yang sedang bergerak menuju landas pacu.

Di saat terakhir, minibus itu berhasil menghindari perut pesawat tetapi malah menabrak mesin. Alhasil, minibus itu terseret beberapa meter di landasan tersebut.

Tak lama setelah insiden tersebut, kru darat bandara langsung bergegas menuju ke depan pesawat untuk memberi isyarat agar pilot segera menghentikan pergerakan pesawat.

Lima mobil pemadam kebakaran dan dua ambulans langsung dikerahkan setelah menerima panggilan para pukul 16.19 dan pengemudi yang terjepit diselamatkan pasukan pemadan kebakaran.

Manajemen Dragon Air mengatakan, tak ada penumpang dan kru yang mengalami luka. Para penumpang kemudian diterbangkan dengan pesawat lain ke tujuan mereka.

Sementara itu, Departemen Penerbangan Sipil Hongkong menyatakan segera menyelidiki insiden tersebut.

Penyelidikan itu dilakukan untuk mencari tahu apakah penyebab minibus tersebut bisa mengarah dan menabrak sebuah pesawat yang sedang bergerak ke landas pacu. (*)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved