Jumlah Negara yang Anti-HAM PBB Semakin Banyak. Ini Daftarnya

Komisioner Hak Asasi Manusia PBB, Zeid Ra'ad al-Hussein, mengecam semakin meningkatnya jumlah negara yang menolak bekerja sama dengan para penyelidik.

Jumlah Negara yang Anti-HAM PBB Semakin Banyak. Ini Daftarnya
Istimewa
Suriah Digemput Jet Oleh Perancis 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM- Komisioner Hak Asasi Manusia PBB, Zeid Ra'ad al-Hussein, mengecam semakin meningkatnya jumlah negara yang menolak bekerja sama dengan para penyelidiknya.

Saat membuka sidang Dewan HAM PBB, Pangeran Zeid mengatakan kata-kata tidak bisa mewakili kecamannya atas keadaan di Suriah, sebuah negara yang menurutnya dipimpin oleh seorang dokter yang diyakini membunuh rakyatnya sendiri dengan menggunakan gas.

"Suriah, meskipun permohonan sudah diajukan berkali-kali, tidak memberikan akses kepada Kantor Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) atau Komsisi Penyelidikan sejak krisis mulai pada tahun 2011," kata Zeid.

Dia juga menyerang Venezuela, negara yang dalam dua setengah tahun terakhir menolak untuk memberikan visa kepada wakilnya.

Belarus, Eritrea, Korea Utara dan Iran sudah lama tercatat sebagai negara-negara yang menolak pemberian akses.

Pangeran Zeid menambahkan negara-negara tersebut dapat menolak pengawasnya, tetapi tindakan tersebut tidak akan membungkam mereka.

Menurutnya, pengawasan jarak jauh akan tetap dilakukan dengan melibatkan keterangan para saksi, laporan-laporan pihak ketiga maupun pencitraan satelit dan teknologi lainnya. (tribunnews.com/bbc indonesia)

Editor:
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved