Operasi Katarak Gratis di Awal Bros, Pasien Didominasi Warga Hinterland

Kadis Kesehatan Provinsi Kepri, Tjep Tjep Yudiana menyebutkan, kasus baru katarak di Provinsi Kepri yang terdata baru 550 sampai 1.000 penderita.

Operasi Katarak Gratis di Awal Bros, Pasien Didominasi Warga Hinterland
Jumpa pers operasi katarak gratis di RS Awal Bros Batam, Sabtu (24/9/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Mata Hati, Lions Club, Perdami, serta RS Awal Bros kembali melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis.

Tahun ini, sebanyak 173 mata mendapatkan operasi katarak gratis. Operasi katarak gratis tersebut dimulai, Sabtu (24/9) pagi di RS Awal Bros.

Presiden Project Vision Lions Club, Lion Leonardo Sani mengatakan, setiap penerima bantuan tidak akan dibebankan biaya apapun.

Tidak cuma di Batam, kegiatan inipun berlangsung secara nasional. Totalnya ada 910 mata.

"Semula hanya ada 155 mata yang mendapatkan operasi di Batam. Tapi setelah screening awal, ada pasien yang membutuhkan langsung operasi kedua belah mata. Normalnya satu mata dulu, tapi karena kebutuhan khusus makanya langsung dioperasi kedua matanya," Lion.

Adapun rata-rata pasien operasi katarak gratis tersebut datang dari berbagai wilayah yang tersebar di Kepri. Utamanya dari hinterland.

"Rata-rata dari Kepri, mereka tinggal di sini. Moro, Karimun, Tembilahan, Tanjung pinang," ujarnya.

Kadis Kesehatan Provinsi Kepri, Tjep Tjep Yudiana menyebutkan, kasus baru katarak di Provinsi Kepri yang terdata baru 550 sampai 1.000 penderita.

Masih banyak penderita katarak di Kepri yang tidak terdeteksi. Biasanya hal itu dikarenakan ketidaktahuan masyarakat atas penyakit ini.

"Masyarakat tahunya kalau penglihatan menurut itu karena faktor usia. Bukan karena katarak. Apalagi yang dihinterland. Dengan kegiatan-kegiatan seperti inilah, masyarakat seperti itu juga bisa kita jangkau," ucap Tjep Tjep.

Direktur RS Awal Bros, Widya Putri menyatakan, selepas operasi para pasien pun masih mendapatkan perawatan lanjutan berupa pemeriksaan.

"Mulai A sampai Z semuanya gratis. Biaya kontrol juga masih ditangani selepas operasi," kata Widya Putri.

Menurut wanita itu, kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2006.

RS Awal Bros sudah melaksanakan kegiatan baksos operasi katarak gratis ini selama sembilan kali dengan lebih kurang operasi untuk 1.200 mata.

Penulis: Anne Maria
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved