KPPU Bidik Mahalnya Tarif Peti Kemas ke Singapura. Ini Alasannya

Pengiriman peti kemas dari Jakarta-Malaysia yang berjarak 1.296 km, dikenakan biaya USD 450. Sedangkan Batam-Singapura tarifnya justru USD 555

KPPU Bidik Mahalnya Tarif Peti Kemas ke Singapura. Ini Alasannya
Tribun Batam/Argianto
Suasana pelabuhan peti kemas di pelabuhan Batuampar Batam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Mahalnya tarif peti kemas tujuan Batam-Singapura, masih jadi bahan sorotan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah Batam.

Belum lama ini, KPPU telah memanggil beberapa pelaku usaha peti kemas.

Namun yang dipanggil bukan pengusaha di daerah kerja Batam-Singapura, melainyakn untuk tujuan Tanjung Priok (Jakarta)-Singapura.

Pemanggilan itu, kata Kepala Kantor Perwakilan KPPU Daerah Batam, Lukman Sungkar, untuk mengumpulkan data-data soal tarif peti kemas.

"Beberapa pelaku usaha peti kemas dari luar Batam sudah kami panggil. Setelah selesai, nanti kita akan panggil juga pelaku usaha peti kemas di Batam," kata Lukman saat dihubungi Tribun via handphone, Minggu (25/9).

Dari beberapa pelaku usaha itu, memang belum semuanya memberikan data berkaitan dengan tarif peti kemas. Ada juga yang minta dijadwalkan ulang pemanggilannya, karena belum siap dari sisi data.

"Kita akan minta keterangan dari Asosiasi Forwarding dan empat pelaku usaha," ujarnya.

Lukman menyebut, pemanggilan itu belum masuk ke perkara. Tugas KPPU di sini untuk membandingkan data berdasarkan tujuan. Kemudian dibandingkan jarak dan harga.

"Selasa besok ini, dari asosiasi yang akan dipanggil. Kami juga sedang mengumpulkan data dari luar negeri," kata Lukman.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPPU di Singapura, soal data-data perusahaan dari luar negeri yang melakukan pengiriman peti kemas. Data itu akan dibandingkan lagi dengan data-data yang sudah ada.

"Koordinasinya memang baru lewat email. Tapi KPPU di Singapura menyatakan siap membantu," ujarnya.

Pengumpulan data itu berkaitan dengan informasi mahalnya tarif peti kemas tujuan Batam-Singapura yang tak sebanding dengan jarak. Bahkan, tarif transportasi Batam-Singapura lebih mahal dibanding Jakarta-Singapura.

Tribun Batam sebelumnya mengungkap mahalnya tarif peti kemas ini. Pengiriman peti kemas dari Jakarta-Malaysia yang berjarak 1.296 km, dikenakan biaya USD 450. Sedangkan Batam-Singapura yang berjarak 28 km dikenakan tarif USD 555.

Sedangkan ke Malaysia yang berjarak 374 km dikenakan biaya USD 122. Sehingga total biaya pengiriman peti kemas dari Batam-Malaysia dikalkulasi sebesar USD 677.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved