Breaking News:

‎Bawa Sabu di Sepatu, Hakim Menghukum Sinar Wulan 13 Tahun Penjara

Pengadilan Negeri Tanjungpinang menghukum Sinar Wulan (23) terdakwa kurir sabu seberat 544,12 gram penjara 13 tahun. Ini alasannya

Penulis: | Editor:
Istimewa
ilustrasi narkoba 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Pengadilan Negeri Tanjungpinang kembali menggelar sidang perkara narkoba. Sinar Wulan (23) terdakwa kurir sabu seberat 544,12 gram dihukum 13 tahun penjara.

Hakim Acep Sopian dalam putusanya mengatakan terdawa terbukti bersalah melakukan pemufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum membawa narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram sebagaimana melanggar Pasal 115 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

"Menghukum terdakwa dengan hukuman 13 Tahun penjara dan denda Rp 1 Milliar subsider 6 Bulan penjara," ujar Acep ‎dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Senin (3/10/2016).

Atas putusan ini, terdakwa yang didampingi Penasehat Hukumnya Muhammad Indra Kelana SH menyatakan menerima putusan tersebut, sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ricky Setiawan SH yang digantikan oleh Haryo Nugroho SH menyatakan pikir-pikir atas putusan ini. Sebelumnya terdakwa ditutntut 16 Tahun penjara dan denda Rp 1 Milliar ‎subsider 6 bulan penajara.

Awal mula kedua terdakwa ditangkap berawal dari penangkapan Terdakwa Sinar Wulan yang ditunutut secara terpisah, yang pada saat itu baru datang dari Malaysia dengan menggunakan kapal MV.VOC Batavia melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Pukul 12.00 WIB, Minggu (13/3/2016).

Pada saat ‎sampai di Pelabuhan Internasional SBP pihak Bea Cukai Tanjungpinang melakukan pemeriksaan kapada terdakwa Sinar Wulan, ketika diperiksa dengan menggunakan Anjing placak diketahuilah bahwa di sepatu terdakwa Sinar Wulan ada barang yang mencurigakan.

Melihat ada barang yang mencurigakan, dan dilakukan pemeriksaan ternyata setelah telapak sepatu terdakwa Sinar Wulan ditemukanlah Sabu-sabu dengan berat 544,12 gram. Setelah dilakukan Introgasi Terdakwa Sinar Wulan mengakui bahwa dirinya tidak sendiri membawa sabu-sabu tersbut tetapi bersama empat orang keluarganya yang ikut diamankan dan tengah disidangkan secara terpisah.‎

Di antaranya mereka adalah Sutiyah, Misweh, Sholihin dan Kamariah‎. Mereka masing-masing membawa sabu dengan Rata-rata berat lebih kurang setengah kilo. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved