Setelah Tepi Laut, Pemko Tanjungpinang Garap Penyengat Termasuk Makam Embung Fatimah, Ini Detailnya

Pemko Tanjungpinang segera merehab makam Embung Fatimah dan Pulau Penyengat setelah Gedung Gonggong tuntas, ini janji Pemko

Setelah Tepi Laut, Pemko Tanjungpinang Garap Penyengat Termasuk Makam Embung Fatimah, Ini Detailnya
Tribun Batam/ M Ikhwan
Komplek pemakaman Embung Fatimah yang ada di Pulau Penyengat, Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Pemerintah Kota Tanjungpinang fokus mengambangkan sektor pariwisata di Kota Tanjungpinang. Setelah menyelesaikan pembangunan taman tepi laut dan gedung gonggong tahun ini, tahun depan pengembangan pariwisata difokuskan ke Pulau Penyengat.

Pemko Tanjungpinang sendiri menjadikan tahun 2016-2017 sebagai tahun pembangunan dan pengembangan objek wisata. Ditargetkan tahun 2018 Tanjungpinang sudah menjadi tahun kunjungan atau Visit Years dengan konsep Kota Pariwisata yang spektakuler. Hal ini dilakukan karena potensi Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata sangat menjanjikan.

Untuk itu, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menjelaskan, Pemko Tanjungpinang fokus mengembangkan sektor wisata. Tahun depan Pemko akan membenahi kawasan wisata Pulau Penyengat.

"Kami akan menyurtai Gubernur dan buat MoU. Mana yang porsinya Pemko Tanjungpinang dan mana yang porsinya Provinsi Kepri. Karena berbicara Penyengat berarti merupakan pariwisata Kepri bahkan nasional," katanya.

Menurutnya, pembenahan Penyengat akan dilakukan dalam beberapa bidang. Seperti perbaikan dan pembenahan infrastruktur seperti jalan, fasilitas umum dan lain sebagainya.

"Kita akan tata pelabuhannya. Jadi parkir becak di Penyengat nanti lebih teratur. Kita akan kita bangun pelantar baru di kiri kanan pelantar yang ada untuk tempat parkir," kata Lis.

Selain itu pembangunan juga akan dilakukan pada bangunan makam Embung Fatimah yang sebelumnya ambruk ditimpa pohon. Selain itu, kawasan depan balai adat juga akan dibangun ruang terbuka dengan ornamen budaya melayu.

Untuk saat ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang sedang melakukan pembenahan di Pelabuhan Tanjung Datok Pulau Penyengat. Pelabuhan tersebut nantinya direncanakan akan dijadikan pintu masuk ke Pulau Penyengat yang diusulkan menjadi kawasan wisata dunia. (*) 

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved