Benar-benar Aneh, Pasien Sudah 1,5 Tahun Meninggal, Iuran BPJS Kesehatan Masih Ditagih

Pasien sudah 1,5 tahun meninggal, namun iuran BPJS Kesehatan masih ditagih dan jumlahnya bikin geleng-geleng kepala

Benar-benar Aneh, Pasien Sudah 1,5 Tahun Meninggal, Iuran BPJS Kesehatan Masih Ditagih
Tribun Medan / Joseph
Jefry Tarigan saat menunjukkan fotokopi BPJS almarhum ibunya. 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Rumah Sakit Martha Friska menolak membayar tunggakan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan pasien bernama Ros Intan boru Keliat yang telah meninggal 1,5 tahun yang lalu.

Staf rumah sakit justru membebankan tagihan tersebut kepada keluarga almarhumah.

Staf rumah sakit diduga lupa menonaktifkan BPJS milik Ros Intan Boru Keliat yang meninggal Mei 2015 silam.

Sehingga terakumulasi tagihan iuran BPJS sebesar Rp 919.380. Padahal sejak Ros Intan boru Keliat meninggal, staf rumah sakit sudah meminta kartu tersebut.

"Pihak rumah sakit Martha Friska lepas tangan dengan permasalahan ini. Mereka justru seakan membebankan kesalahan administrasi yang mereka lakukan kepada saya," kata putra almarhum, Jefry Tarigan kepada Tribun-Medan.com, Jumat (7/10/2016).

Jefry menduga munculnya tunggakan tersebut dikarenakan pihak Rumah Sakit martha Friska yang berada di Jalan Yos Sudarso, Brayan Medan yang memegang kartu BPJS tidak melaporkan dan menyerahkan kartu tersebut kepada pihak BPJS di rumah sakit tersebut.

Jefry menjelaskan, masalah ini berawal ketika dirinya akan membayar iuran BPJS. Di mana saat itu muncul tagihan kartu BPJS milik ibundanya yang telah meninggal."Peraturan baru BPJS kan sekarang satu keluarga harus bayar secara kolektif.

Baru ketahuan ada tagihan yang nunggak sejumlah hampir Rp 1 juta. Kalau itu gak dibayar enggak bisa bayar kami," katanya.

Merasa heran, pria yang berprofesi sebai fotografer tersebut, mendatangi RS Martha Friska untuk menanyakan status dan keberadaan kartu BPJS milik ibunya.

Sesampainya di rumah sakit tersebut, petugas rumah sakit sempat mengatakan bahwa kartu tersebut tidak ada di rumah sakit lagi, karena sudah setahun lalu pasien keluar dari rumah sakit.

Halaman
12
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved