Menelepon Harus Naik Bukit, Warga Siantan Timur Keluhkan Akses Telekomunikasi

Warga keluhkan sulitnya akses telekomunikasi di Kecamatan Siantan Timur, Anambas. Bahkan buat menelepon mereka harus naik ke bukit mendapatkan sinyal

Menelepon Harus Naik Bukit, Warga Siantan Timur Keluhkan Akses Telekomunikasi
Androidandme.com
Ilustrasi menelepon. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Keluhan akan sulitnya akses telekomunikasi masih saja terdengar. Di Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur, masyarakat harus mencari dataran yang lebih tinggi seperti perbukitan hanya untuk melakukan panggilan telepon. Kondisi ini pun, sudah terjadi lebih kurang selama sebulan terakhir.

"Untuk telpon di sana susah. Kalau pun mau, harus naik bukit dulu. Di atas bukit itu ada tanah datar, yang biasa digunakan masyarakat untuk melakukan panggilan atau menerima telepon," ujar Sofian, warga setempat, Selasa (11/10/2016).

‎Kondisi ini pun, seakan dimaklumi oleh masyarakat di sana. Meski sulit untuk memperoleh akses telekomunikasi yang layak, namun masyarakat di sana masih bersyukur dalam memperoleh akses internet. Layanan internet ini, didapat dengan menumpang menggunakan internet yang terpasang di sekolah yang ada di desa itu.

"‎Untuk internet bisa, dengan menumpang di sekolah itu," ungkapnya. Meskipun kesulitan dalam mendapat akses telekomunikasi, namun pemenuhan kebutuhan dasar lain seperti air bersih, perlahan mulai terpenuhi. Sumur yang dibuat berlokasi dengan aliran air di daerah perbukitan, menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sana.

"Untuk air sudah lumayan lah. Perlahan, sudah bisa dinikmati oleh masyarakat," bebernya.

‎Meski layanan telekomunikasi masih dirasa minim di Kecamatan Siantan Timur, namun peningkatan layanan telekomunikasi perlahan mulai dirasakan oleh masyarakat di Pulau Jemaja, khususnya di Letung. Masyarakat di sana, kini bisa menikmati layanan internet dari provider dengan kualitas 3G.

"Sinyal sudah bagus di sana. Buka internet di hanphone pakai paket internet pun bisa terbuka. Meskipun baru di Letung saja," ujar Indra salahseorang masyarakat Jemaja. Tidak hanya di Jemaja, peningkatan layanan telekomunikasi perlahan juga dirasakan oleh masyarakat Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah‎. (*) 

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved