Polda Geledah Disdukcapil Batam

Pelantikkan Pejabat Disdukcapil Belum Ada Tanda-tanda, Ada Apa?

Janji Walikota Rudi melantik pejabat pengganti dua tersangka kasus pungli Disdukcapil Batam belum terlaksana, ada apa?

Pelantikkan Pejabat Disdukcapil Belum Ada Tanda-tanda, Ada Apa?
tribunnews batam/argianto
Ilustrasi. Seorang pegawai Disdukcapil Batam di Sekupang sedang melayani seorang warga yang sedang mengajukan pengurusan dokumen kependudukan, Selasa (19/10/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Wali Kota Batam, Rudi tak jadi melakukan pelantikan PNS di lingkungan Pemko Batam, Kamis (20/10/2016) seperti yang dijanjikannya. Hingga sore, suasana di Gedung Pemko Batam tampak lengang. Tak ada tanda-tanda akan dilakukan pelantikan.

Begitupun Rudi. Aktivitasnya seharian itu lebih banyak dihabiskan di luar kantor. Hanya ada satu agendanya Kamis itu, bertepatan dengan ulangtahunnya ke-53 tahun. Yakni latihan menembak di lapangan Marinir-Bumi Yudha.

"Tak ada kegiatan pelantikan hari ini," kata Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata yang dimintai tanggapannya soal pelantikan PNS kepada wartawan.

Disinggung soal penggantian pejabat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, paska ada pejabat yang tertangkap tangan pungli, Ardi mengatakan, sebagaimana Permendagri Nomor 76 tahun 2015 tentang Induk Administrasi Kependudukan, itu terlebih dahulu mesti mendapat SK dari Menteri Dalam Negeri.

"Soal (penggantian) itu masih diproses sekarang. Kan ada pasalnya untuk pemberhentian dan pengangkatan pejabat di Disdukcapil, diusulkan pejabat pembina kepegawaian ke Mendagri, setelah dapat SK baru dilantik di daerah," ujarnya.

Untuk jabatan pelaksana tugas, dikatakan Ardi tidak perlu pelantikan. Cukup dengan penunjukan.

"Sampai saat ini belum dapat informasi juga soal (plt) itu. Kalau bapak bilang sudah ditunjuk, berarti sudah ada nama-nama orangnya. Siapa? Tunggu sajalah," kata Ardi lagi.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, akan melakukan mutasi besar-besaran di struktur organisasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam. Mulai dari Kepala, Kabid, Kasi ke bawah. Itu terkait penangkapan pegawai Disdukcapil baru-baru ini akibat operasi tangkap tangan pungli.

Rudi mengatakan, semua PNS yang bertugas di Disdukcapil akan diganti. Penggantian akan dilakukan secara bertahap. Dimulai Kamis (20/10/2016).

"Besok ada dua kabid yang akan diganti. Besok pelantikannya," kata Rudi kepada wartawan di Batam Center, Rabu (19/10/2016). (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved