Polda Geledah Disdukcapil Batam

Calon Pejabat di Disdukcapil Sudah Digodok Bapperjakat, Inikah Calon-calonnya? Ini Jawab Sahir

Calon pejabat di Disdukcapil Batam tengah digodok Bapperjakat. Pekan depan sudah keluar nama pengganti pejabat sekarang paska penggeledahan pungli

Calon Pejabat di Disdukcapil Sudah Digodok Bapperjakat, Inikah Calon-calonnya? Ini Jawab Sahir
humanbatam.com
Sekretaris Daerah Kota Batam Agussahiman

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pasca ditangkapnya pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam karena praktik pungli, saat ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemko Batam masih menyeleksi PNS yang akan menjadi pejabat pelaksana tugas di Disdukcapil.

Diakui Kepala BKD Kota Batam, M Sahir, memang ada beberapa nama yang diusulkan Wali Kota Batam, Rudi untuk jabatan Plt itu. Namun dia menolak untuk membocorkan nama PNS tersebut.

"Plt masih proses administrasi di Baperjakat. Ada beberapa nama. Siapa orangnya, nanti saja biar pak wali," kata Sahir kepada wartawan, Jumat (21/10/2016).

Dia berharap, Senin (24/10/2016) ini nama plt yang sedang digodok di Baperjakat itu sudah keluar. Sehingga pelayanan di Disdukcapil paska penangkapan itu dapat segera kembali normal.

"Mudah-mudahan Senin pelayanan di Disdukcapil sudah normal. Kita plt kan dulu penggantinya, tidak langsung dilantik," ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman mengatakan, untuk penghentian status PNS pegawai Disdukcapil yang ditangkap polisi karena praktik pungli itu, saat ini masih menunggu proses selanjutnya dari Kementerian Dalam Negeri. Hingga Jumat (21/10/2016) sore, pihaknya belum menerima Surat Keputusan penghentian itu dari menteri.

"Pegawai Disduk kan diangkat kementerian. Proses penghentiannya juga menunggu penghentian dari kementerian. Surat resmi dari menteri sampai Jumat sore ini belum ada kami terima," kata Agussahiman.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi dari media massa yang diterimanya, pihak kementerian dalam waktu dekat juga akan turun langsung ke Batam. Tujuannya untuk mengecek kebenaran informasi penangkapan pegawai Disdukcapil yang sudah jadi berita nasional itu.

"Koran yang saya baca hari ini, kementerian akan kirim pejabatnya mengecek kebenaran informasi tersebut. Menurut koran itu, memang akan segera diberhentikan pegawainya. Kalau memang instruksi dari menteri seperti itu, kami siap juga untuk memberhentikan," ujarnya.

Soal siapa pengganti pegawai tersebut, Agussahiman masih enggan berkomentar. Saat ini, kata dia fokusnya masih menunggu SK dari Menteri Dalam Negeri.

"Nama penggantinya, nantilah. Rahasia. Saat ini masih digodok di Baperjakat. Kami juga masih tunggu SK dari menteri. Setelah nama plt nya keluar, diajukan ke menteri, menteri yang meng-SK-kan, di sini tinggal melantik saja," kata Agussahiman lagi. (*) 

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved