Breaking News:

Tiga Desa di Tepian Laut Bintan Ini Bakal Menjadi Kiblat Pariwisata Nasional. Anda Tinggal di Situ?

Tiga desa bernuansa tepi laut di Bintan, yakni Desa Teluk Bakau, Berakit dan Pengudang bakal dijadikan kawasan pedesaan berbasis pariwisata

tribunbatam/aminuddin
Wabup Bintan Dalmasri memimpin rapat persiapan tiga desa tepian laut Bintan jadi percontohan nasional desa pariwisata, Jumat (21/10/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Tiga desa bernuansa tepi laut di Bintan, yakni Desa Teluk Bakau, Berakit dan Pengudang bakal dijadikan kawasan pedesaan berbasis pariwisata dalam satu kemasan spesial.

Desa berbasis pariwisata satu kemasan spesial ini disampaikan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam pada Jumat (21/10/2016) saat memimpin rapat bersama Bappeda Bintan dan sejumlah kades dan camat di Bandar Seri Bentan. “Ada tiga desa disebutkan tadi. Nah, kita tunggu langkah selanjutnya, bagaimana model kemasan dimaksud ini,” kata Dalmasri.

Jika itu sukses, Desa Berakit, Pengudang dan desa Teluk bakau akan menjadi pilot project atau desa percontohan pada derah daerah lain di Kepri. Konsep demikian merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) RI langsung. Provinsi menindaklanjutinya dengan menunjuk desa Bintan sebagai binaan.

“Di Provinsi Kepri, kita yang dipilih untuk pilot project ini, dan ini akan menjadi pilot project buat daerah lain,”jata Dalmasri. Namun seperti apa konsep desa basis pariwisata dalam satu kemasan itu wujudnya, belum ada rincian. Pada rapat, baru garis besarnya yang diulas.

Yang pasti, pengelolaan kawasan pedesaan berbasis wisata terpadu latar dibentuknya untuk mengembangkan desa menjadi kawasan wisata tersendiri lengkap dengan segala dinamikanya. Desa itu menonjolkan aspek wisata khusus yang bisa menarik sektor wisata yang ada tumbuh dan menggeliat. Masyarakatnya juga didorong untuk mengikuti dinamika itu.

Salah satu bentuk riil, adanya Badan usaha milik desa (Bumdes) yang merupakan gabungan tiga desa pilot project. Nama Bumdesanya sudah disepakati, yakni Bumdes Bersama Dugong. Nanti, Bumdes Bersama Dugong menjalankan usaha kecil menenengah atau UKM Desa di tiga desa masing masing. Namun pertanyaannya, siapkah pemkab Bintan mewujudkan itu secara berkelanjutan?

“Oh, kita harus siap sudah pasti itu. Kita bahkan sejak awal menyambut bahagia hal ini,”kata Dalmasri optimis. (*)

Penulis: Aminudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved