Kompleks Pemkab Bintan Bakal Miliki Waduk Buatan, Ini Skenario Pembuatannya Versi Bupati

Pemkab Bintan berencana membangun waduk buatan di kompleks pemerintahan Kabupaten Bintan, Bintan Bunyu. Ini skenario pembuatannya versi Bupati

Kompleks Pemkab Bintan Bakal Miliki Waduk Buatan, Ini Skenario Pembuatannya Versi Bupati
Bupati Bintan Apri Sujadi diskusi dengan Sekretaris Kemenpar RI Ukus Kuswara sambil ngopi. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Pemkab Bintan berencana membangun embung air bersih di Bandar Seri Bentan, dekat kompleks pemerintahan Kabupaten Bintan.

"Lahan yang disiapkan seluas 12,78 km persegi," kata Bupati Bintan Apri Sujadi, Jumat (4/11/2016).

Sumber air baku Embung Air Bersih akan diambil di aliran sungai sungai kecil di sekitar Bandar Seri Bentan. Sungai sungai kecil itu jernih dan bersih.

Pas dipakai untuk menyuplai kebutuhan air bersih di komplek ibukota. "Walaupun di musim kemarau sungai tetap memiliki debit air," kata Apri.

Banyak sarana penampungan air bersih di Bintan yang sedang dikaji buat kemungkinan dikembangkan sebagai waduk baru. Kemarin hal itu sudah dibicarakan dengan jajaran Pemerintahan Provinsi Kepri dan Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera IV.

Kepada mereka, Apri Sujadi menyampaikan, beberapa pelaksanaan pengadaan air bersih telah progres.

Khusus Embung Air Bersih dia sampaikan, pembangunananya begitu memasuki 2017. Harapannya, Embung Fatima menjadi sarana vital pendukung di musim kering.

"Aliran sungai-sungai kecil di sekitarnya dan diperkirakan bisa mencapai 150 liter/detik. Itu bisa mendukung ketersediaan air di musim kemarau," katanya. (*) 

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved