Demo 4 November

Walau Demo, Aktivitas Pasar-Pasar di Jakarta Tetap Ramai

Ketua Ikappi Abdullah Mansuri mengatakan, demo 4 November tidak memiliki pengaruh signifikan pada aktivitas jual beli di pasar-pasar wilayah Jakarta.

Walau Demo, Aktivitas Pasar-Pasar di Jakarta Tetap Ramai
Glery Lazuardi
Aparat kepolisian dan demonstran salat Jumat di depan Istana Merdeka, Jumat (4/11/2016) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, demo 4 November tidak memiliki pengaruh signifikan pada aktivitas jual beli di pasar-pasar wilayah Jakarta.

"Tidak, memang banyak pertanyaan hari ini apakah benar pedagang banyak yang tidak beroperasi karena isu yang beredar tidak beroperasi. Tidak, hal itu saya bantah. Tadi pagi, para pedagang beroperasi sebagaimana mestinya," ujar Abdullah kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2016).

Namun, ia belum dapat memastikan aktivitas para pedagang pasar yang biasanya membuka lapak atau tokonya pada sore menjelang malam hari, apakah berjalan normal atau tidak.

"Untuk yang pedagang shift sore saya belum pantau apakah tetap berdagang atau tidak, tetapi yang jelas pergerakan pasar tidak masalah," ujarnya.

Dia mengatakan, pada pagi hari tadi, aktivitas jual beli di Pasar Cijantung, Jakarta Timur, tidak terkendala apa pun.

Untuk distribusi logistik, Abdullah juga menyampaikan bahwa hal tersebut hingga saat ini tidak terkendala.

"Untuk distribusi juga tidak bermasalah terkait aksi damai 4 November hari ini. Sebenarnya masalahnya hanya ada di dua komoditas, yaitu cabai dan bawang, karena harganya masih mengalami kenaikan yang cukup tinggi seperti hari-hari kemarin," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data info pangan Jakarta pada Jumat (4/11/2016), harga komoditas cabai cenderung menurun.

Harga komoditas cabai merah keriting Rp 54.000 per kilogram atau turun Rp 1.000 dibanding hari sebelumnya.

Cabai rawit merah Rp 35.000 per kilogram turun Rp 3.000 dari hari sebelumnya. Selain itu, cabai rawit hijau Rp 23.000 per kilogram atau turun Rp 2.000 dibandingkan hari sebelumnya.

Yang mengalami kenaikan hanya cabai merah besar, yakni Rp 56.000 per kilogram atau naik Rp 2.000 dibanding hari sebelumnya. (kompas.com, Pramdia Arhando Julianto)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved