Aduh, Mengapa Patung Kunto Bimo Candi Borobudur Tak Boleh Dipegang Lagi, Kata Putri Thailand

Mitos patung Kunto di Candi Borobudur ternyata dikenal di Thailand. Terbukti Putri Thailand ini penasaran patung itu tak boleh dipegang lagi

Aduh, Mengapa Patung Kunto Bimo Candi Borobudur Tak Boleh Dipegang Lagi, Kata Putri Thailand
Kompas.com/Ika Fitriana
Putri Kerajaan Thailand Maha Chakri Sirindhorn (tengah) saat berkunjung ke Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah, Kamis (10/11/2016) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG-Putri Kerajaan Thailand, Maha Chakri Sirindhorn, mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (10/11/2016).

Hujan yang mengguyur kawasan Borobudur tidak menyurutkan Maha Chakri untuk menikmati kemegahan Candi Buddha itu. Ia tampak sudah mengenakan jas hujan sejak turun dari bus yang mengantarkannya.

Maha Chakri beserta rombongan tiba di Candi Borobudur sekitar pukul 13.30 WIB. Ia masuk melalui pintu VII Kenari atau sebelah barat candi.

Jalur ini merupakan pintu yang biasa dipakai untuk menyambut kedatangan tamu-tamu kenegaraan.

Kedatangannya dikawal oleh puluhan petugas pengamanan, baik dari TNI, Polri, maupun petugas keamanan yang datang dari Thailand.

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Magelang, dan Provinsi Jawa Tengah juga menyambut hangat kedatangan putri Maha Chakri.

Maha Chakri sempat menunggu hujan reda di tenda yang disediakan pengelola sebelum kemudian naik ke Candi Borobudur.

Ia didampingi sejumlah staf Balai Konservasi Borobudur (BKB) yang bertugas memberi penjelasan tentang candi peninggalan Raja Samaratungga abad ke-9 itu.

Awak media sendiri tidak diperkenankan untuk mengikuti kegiatan Maha Chakri selama di atas Candi Borobudur hingga ia meninggalkan kompleks candi sekitar pukul 15.00 WIB.

Mura Aristina, salah satu staf BKB, menjelaskan, kedatangan Putri Maha Chakri merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, ia sempat datang pada 1986 dan 1989.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved