Demo 4 November

Ahok Sempat Temui Syekh Amr Al Wardani yang Gagal Jadi Saksi Ahli

Sedianya, Syekh Musthofa Amr Al datang ke Indonesia untuk menjadi saksi ahli meringankan Ahok selaku terlapor kasus penistaan agama.

Ahok Sempat Temui Syekh Amr Al Wardani yang Gagal Jadi Saksi Ahli
net
Syekh Musthofa Amr Al Wardani 

Penulis: Abdul Qodir

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur (nonaktif) DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat menemui ulama besar Mesir, Syekh Musthofa Amr Al Wardani (dalam penulisan Mesir, Shekh Amrou El Wardanei), sebelum kembali ke negara asalnya.

Sedianya, Syekh Musthofa Amr Al datang ke Indonesia untuk menjadi saksi ahli meringankan Ahok selaku terlapor kasus penistaan agama.

"Iya, Ahok sempat ketemu. Tapi, tempatnya saya nggak tahu pasti," jelas juru bicara Tim Pemenangan cagub/cawagub Ahok-Djarot, Donny Tjahya, di Jakarta, Selasa (15/11).

Donny menceritakan, Musthofa terpaksa kembali ke negara asalnya pada Senin (14/11) malam, lantaran adanya permintaan agar dirinya tidak mencampuri urusan di dalam negeri Indonesia. "Alasannya, katanya, Syeikh mencampuri urusan dalam negeri," jelasnya.

Pembatalan menjadi saksi ahli dan kepulangan Syeikh tersebut disampaikan pada Senin petang.

Menurut Donny, Ahok merespon biasa saja atas pembatalan Syekh menjadi saksi ahli meringankan maupun alasannya itu.

Sebab, sejak awal Syekh Musthofa Amr Al Wardani yang berinisiatif menawarkan diri menjadi saksi ahli dan membela Ahok terkait perkaranya.

"Kata Ahok, tidak apa-apa. Karena itu memang bukan keinginan Ahok. Kalau bersimpati, yah diterima. Tapi, kalau dibilang tidak boleh mencampuiri urusan dalam negeri, yah enggak apa-apa juga.' Yah sudah," ujar Donny menirukan respon Ahok.

Ia kembali menegaskan, kedatangan dan kesediaan Syekh Musthofa menjadi saksi ahli untuk Ahok adalah inisiatifnya sendiri.

Bahkan, biaya tiket pesawat hingga penginapan selama di Jakarta atas biaya sendiri.

Dan tak ada peran Presiden Joko Widodo untuk mendatangkan hingga membuat Syekh Musthofa Amr Al Wardani menjadi saksi ahli meringankan untuk Ahok.

"Syekh itu datang karena simpati dengan Ahok karena adanya demo yang besar 4 November kemarin. Jadi, dia datang menjadi pembela untuk Ahok. Tapi, kalau dalam tatanan hukum di sini dibilang mencampur urusan dalam negeri, yah Ahok sampaikan enggak apa-apa meski di dalam hati kecil dia bilang tidak berniat ingin menistakan agama," kata Donny.

"Artinya, kalau Syekh ingin bantu Ahok sebagai saksi ahli di bidang keagamaan, yah Ahok bilang monggo. Tapi, itu bukan inisiatif Ahok. Kedatangannya murni inisiatif Syekh. Bukan atas permintaan Dubes RI di Mesir, apalagi sampai Presiden Jokowi," sambungnya.

Menurut Donny, Ahok sudah pasrah akan nasibnya terkait penyelidikan dan gelar perkara Polri atas perkara penistaan agama yang dituduhkan kepadanya.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved