PLN Akhirnya Buka Suara Soal 34 Proyek Pembangkit Listrik yang Mangkrak. Mau Diapakah Itu Proyek?

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) buka suara terkait 34 proyek pembangkit yang disebut mangkrak.

PLN Akhirnya Buka Suara Soal 34 Proyek Pembangkit Listrik yang Mangkrak. Mau Diapakah Itu Proyek?
net
PLN 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) buka suara terkait 34 proyek pembangkit yang disebut mangkrak.

Kepala Satuan Komunikasi PLN, I Made Suprateka mengatakan, setelah audit BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), sebanyak 17 proyek dilanjutkan.

Lantas, enam proyek diambil alih PLN, dan 11 kontrak diputus untuk dicarikan pengganti.

Made merinci, 17 pembangkit listrik yang berjalan dilanjutkan oleh kontraktor lama. Bahkan, pengerjaannya tidak harus mereview ulang kontrak.

“Untuk yang 17 proyek itu karena pengerjaannya rata-rata sudah di atas 80 persen. Memang berjalannya proyek tertatih-tatih, investasi juga tidak ada yang berubah,’’ ungkapnya di Kantor PLN Pusat, Rabu (23/11).

Namun, dia enggan memberikan detil berapa investasi yang dibutuhkan untuk membuat pembangkit itu sampai commercial on date (COD).

Made mengatakan, proyek-proyek itu masih berjalan sebelum ada fluktuasi tinggi pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Berbeda dengan proyek yang berjalan pada 2013 karena ada pelemahan yang signifikan pada rupiah. ’’Target COD proyek ini rata-rata 2013 dan 2014,’’ terangnya.

Hanya saja, Made enggan menjawab saat disinggung target rampungnya 17 pembangkit itu. Dia hanya bilang, tidak ada penyesuaian dari segi investasi.

’’Nanti ada penilaian, berapa dari pengusaha dan berapa dari PLN,’’ ucapnya.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved