Breaking News:

Wali Kota Tanjungpinang Terima Penghargaan dari Menteri Desa

Teknologi Tepat Guna yang ikut dilombakan membawa Kota Tanjungpinang di ajang itu yakni mesin pengupas kulit kacang

Penulis: | Editor: Mairi Nandarson
ISTIMEWA
Walikota Tanjungpinang menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo karena berprestasi dalam membina dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat desa melalui penerapan teknologi tepat guna. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah kembali mendapatkan penghargaan tingkat Nasional.

Kali ini orang nomor satu di Kota Gurindam ini meraih penghargaan atas keberhasilannya membina dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna.

Lis mendapatkan penghargaan terbaik kedua di antara Kepala Daerah se Indonesia.

Lis menerima langsung penghargaan yang diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo dalam kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Berprestasi Nasional di halaman Islamic Centre, Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (23/11/2016).

Adapaun penghargaan tersebut diberikan kepada gubernur, walikota dan bupati yang berprestasi dalam membina dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat desa melalui penerapan teknologi tepat guna.

Teknologi Tepat Guna yang ikut dilombakan membawa Kota Tanjungpinang di ajang itu yakni mesin pengupas kulit kacang.

Mesin ini ditemukan Nofirman warga Kelurahan Melayu Kota Piring. Sehingga temuannya mendapatkan juara dua se-Indonesia.

Usai menerima pengharagaan, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengucapkan rasa syukur atas diraihnya apresiasi yang diberikan kepadanya,.

"Apa yang telah dilakukannya mendapatkan apresiasi. Saya senang dan bangga khususnya kepada Pak Nofirman, dari Kelurahan Melayu Kota Piring atas kemampuannya menciptakan alat pengupas kulit kacang yang merupakan inovasi luar biasa sehingga mendapatkan juara 2 se-Indonesia," katanya, Kamis (24/11/2016).

Menurut Lis, pemerintah akan terus mendukung setiap masyarakat yang dapat menciptakan karya-karya inovatif, karya-karya tersebut, tidak saja membanggakan tetapi dapat mengharumkan nama daerah Kota Tanjungpinang.

Saat menerima penghargaan itu, Walikota didampingi Kepala Kesbangpol Penmas Wan Kamar, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Irwan, Kasubag Protokol dan Hubungan Antar Lembaga Setda Kota Tanjungpinang, Bowo.

Menteri Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo berharap penggunaan teknologi tepat guna di bidang pertanian.

Karena petani Indonesia hanya bisa panen 1,4 kali per tahun.

Padahal apabila ada air dan teknologi yg tepat, maka panen per tahun bisa ditingkatkan menjadi 3-4 kali.

"Untuk itu Presiden berpesan untuk meningkatkan anggaran untuk desa dari Rp 46,78 triliun menjadi Rp 60 triliun, yang Rp 20 triliun untuk membangun embung desa untuk penampungan air dan irigasi," katanya.

Dia juga berharap, dengan diadakannya lomba inovasi teknologi tepat guna ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai macam sektor ekonomi di pedesaan, seperti pertanian, pariwisata, dan sektor lainnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved