Hari Guru Nasional, Guru di Bintan Curhat Soal Ini. Ada Solusi Pak Bupati?

Sempena Hari Guru Nasional, sejumlah guru di Kabupaten Bintan berharap pembayaran tunjangan dan insetif sertifikasi sepaket dengan gaji. Lainnya?

Hari Guru Nasional, Guru di Bintan Curhat Soal Ini. Ada Solusi Pak Bupati?
tribunnews
Ribuan guru hadiri HUT PGRI di Senayan Jakarta 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Di Hari Guru Nasional, sejumlah harapan disematkan.

Beberapa guru berharap, profesi guru semakin dihargai. Terkait sertifikasi bagi guru dalam jabatannya, ada usulan digaungkan.

Yakni insentif program tersebut ada baiknya dipaketkan dalam gaji setiap bulan.

"Artinya kalau bisa, dibayarkan setiap bulan satu paket dengan gaji,"ujar Ahmad, salah satu guru di Kecamatan Toapaya, Jumat (25/11/2016).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan Makhfur Zurachman yang dikonfirmasi soal itu berpendapat,

usulan demikian sebenarnya bagus. Dinas Pendidikan daerah ingin juga polanya demikian "Itu bagus sekali, kami sangat mendukung,"kata dia.

Namun kata Makfur, payung hukum soal itu diatur pusat dan bersakala nasional. Artinya tidak bisa berlaku kedaerahan.

Penjelasannya begini. Dalam petunjuk teknis (juknis) saat ini, program sertifikasi dilakukan empat kali setahun. Program diawali dulu dengan pemberkasan. Pola itu sepaket dengan pembayaran insentifnya.

"Jadi, harus ada pengubahan polanya dulu (pensertifikasian) dan payung hukumnya di pusat, sehingga se Indonesia memang tidak setiap bulan.

Dan kalau minta perbulan, tidak bisa karena ini juknisnya nasional, tidak bisa Bintan saja. Se Indonesia dibayarkan setiap triwulan,"kata Makfur.

Halaman
12
Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved