Kapal Feri Terbakar. Awak Kapal Terjebak. Begini Cara TNI AL Lakukan Penyelamatan

Simulasi dilakukan prajurit TNI AL Wing Udara -2 Pusnerbal, bekerjasama dengan RS AL Midiyato Suratani dan Diskes Lantamal IV Tanjungpinang

Kapal Feri Terbakar. Awak Kapal Terjebak. Begini Cara TNI AL Lakukan Penyelamatan
TRIBUNBATAM/ THOM LIMAHEKIN
Prajurit TNI AL melakukan simulasi penyelamatan saat terjadi kecelakaan di laut menggunakan Helikopter Bolkow BO-105 NV-408 dan NV-409. Simulasi berlangsung di periaran Batu Hitam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - TNI AL menggelar simulasi evakuasi korban kecelakaan laut di perairan Batu Hitam, Tanjungpinang, Kamis (15/12/2016).

Simulasi dilakukan prajurit TNI AL Wing Udara -2 Pusnerbal, bekerjasama dengan RS AL Midiyato Suratani dan Diskes Lantamal IV Tanjungpinang.

Skenario simulasi itu menceritakan saat awak kapal terjebak dalam sebuah kebakaran di kapal feri.

Dua korban mengalami luka parah dalam insiden tersebut. 

Tiba-tiba tim gabungan TNI AL bersama SAR langsung melaksanakan penyelamatan menggunakan evakuasi medis udara.

Mereka menggunakan Helikopter Bolkow BO-105 NV-408 dan NV-409 untuk melakukan penyelamatan para korban itu yang mengapung di laut.

Dengan menggunakan teknis Hoist, tim gabungan itu membawa korban ke Mako Lantamal IV selanjutnya dibawa ke rumah sakit TNI AL Tanjungpinang menggunakan mobile Ambulance Diskes Lantamal IV.

Wadan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan yang menyaksikan simulasi itu mengatakan, latihan itu sangat bermanfaat bagi prajurit TNI AL baik di Wing Udara-2, Lantamal IV, RS Angkatan Laut dan Dinas Kesehatan Lantamal IV Tanjungpinang.

"Melalui simulasi ini, prajurit dan petugas medis melatih keterampilan dan profesionalitas mereka menghadapi kecelakaan udara maupun laut," kata Dwika.

Dia juga menegaskan, dalam keadaan darurat itu, semua anggota tim gabungan dituntut dapat bergerak secara simultan, cepat, tepat sesuai dengan Standard Operating Prosedure (SOP) yang ada.

"Tujuan dari simulasi ini adalah untuk melatih kerjasama kemampuan tim prajurit TNI AL, agar setiap anggota tim mengetahui tugasnya masing-masing dalam menangani laka udara dan laut," katanya.(*) 

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Jumat, 16 Desember 2016

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved