Ditangkap Saat Rias Pengantin, Terdakwa Ini Ngaku Pakai Sabu buat Obati Diabetes

Hakim PN Tanjungpinang kaget dengar pengakuan terdakwa saat sidang kasus sabu. Kepada hakim, terdakwa ngaku pakai buat obati diabetes

Ditangkap Saat Rias Pengantin, Terdakwa Ini Ngaku Pakai Sabu buat Obati Diabetes
tribunnews batam/anne maria
Ilustrasi sabu 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM.TANJUNGPINANG-Terdakwa perkara sabu ini mengaku menggunakan sabu untuk menurunkan kadar glukosa. Menggunakan sabu dengan alasan kesehatan membuat hakim kaget. Terdakwa mengaku telah menggunakan sabu 6 bulan yang lalu dan dianggap lebih manjur untuk menurunkan kandungan gula penyakit diabetes yang dialaminya.

‎"Ia pak hakim. Sejak menggunakan sabu ini, Glukosa saya turun. Dari sebelumnya kadar gula saya 280 bisa jadi 180. Sejak gunakan ini juga saya jadi lebih hemat dari pada menggunakan Insulin dari dokter," kata Suryanto terdakwa sabu-sabu dengan barang bukti dua paket dengan berat 1,5 gram saat memberikan penjelasan di persidangan, Senin (16/1/2017).

Sementara ketua hakim Acep Sopian Sauri SH MH mengaku tidak percaya sabu dapat menurunkan kadar gula. Hal itu menurutnya hanya alasan terdakwa saja. Dalam keterangan terdakwa, sejak ditangkap dan ketidak menggunakan lagi, kondisinya makin lemas dan sering sakit-sakitan.

"Saya baru dengar ‎menggunakan sabu dapat menurunkan glukosa. Tapi terdakwa juga tak punya izin dokter-kan. Terdakwa juga sudaah pakai seminggu dua kali juga. Itu dah kecanduan namanya," ujar Acep Sopian.

Persidangan juga menghadirkan Gusman saksi yang juga terdakwa kasus narkoba. Gusman diketahui sebagai perantara yang meberikan sabu kepada terdakwa Suryanto. Dalam pengakuaanya, Gusman bertransaksi jual beli sabu dengan terdakwa sebanyak empat kali.

"Sudah empat kali yang mulia," ujar saksi Gusman.

‎Gusman sendiri mendapat barang tersebut dari amir yang kini DPO.‎ Gusman kerap memberikan keterangan yang berbelit-belit dan berbeda keteranganya dengan isi BAP. Hal itu membuat hakim ketua marah karena dianggap tidak konsisten dalam memberikan keterangan. "Kamu ini lama-lama aku totok kepalaanya pakai ini (palu). Kamu cerita yang bener. Ini Di BAP berbeda dengan yang kamu katakan," kata Acep.

‎Sedangkan itu, JPU Ricy Trianto terdengar lebih irit bertanya kepada terdakwa. Tak banyak pertanyaan yang dilontarkan ‎jaksa berambut minim itu. Sidang sendiri dilanjutkan pada pekan depan. Sebelumnya Suryanto diamankan Polres Tanjungpinang saat sedang merias pengantin beberapa bulan lalu. (*) 

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved