Gempa Guncang Deliserdang

Ini Penyebab Gempa yang Guncang Sumut Malam Tadi. Gunung Sinabung pun Berstatus Awas

Secara umum sumber gempa di daratan Sumatera dapat disebabkan oleh aktifitas sesar lokal ataupun aktifitas zona subduksi.

Ini Penyebab Gempa yang Guncang Sumut Malam Tadi. Gunung Sinabung pun Berstatus Awas
Tribun Medan / Ayu
Kejadian gempa yang melanda Kota Medan terekam CCTV, Senin (16/1/2017). (Tribun Medan / Ayu) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan merilis penyebab gempa bumi yang terjadi di Sumatera Utara

Titik gempa yang menggegerkan beberapa wilayah di Sumatera Utara berada antara perbatasan Deliserdang dengan Tanah Karo.

Menurut prediksi BMKG, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gempa.

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Sibolangit dengan intensitas sekitar III SIG-BMKG atau setara dengan VI MMI. Medan II SIG-BMKG (IV-V MMI), sedangkan Tuntungan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar intensitasnya II SIG-BMKG ( II-III MMI)," kata Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Senin (16/1/2017) malam.

Namun, lanjutnya, secara umum sumber gempa di daratan Sumatera dapat disebabkan oleh aktifitas sesar lokal ataupun aktifitas zona subduksi.

Perbedaan kedua sumber gempa tersebut, katanya, dapat dilihat dari kedalaman sumber gempa

"Gempa akibat aktifitas sesar lokal memiliki karakteristik kedalaman sumber yang dangkal. Sedangkan untuk sumbergempa akibat subduksi lempeng di Pulau Sumatera mempunyai kisaran kedalaman hingga ratusan kilometer," ungkap Syahnan.

Syahnan bilang dari pengamatan yang disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi, gempa bumi yang terjadi di barat daya Deli Serdang, Sumatera Utara ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenisgempa bumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar. 

Hal ini berarti gempa bumi terjadi akibat aktivitas sesar lokal.

Dengan kedalaman yang dangkal ini, sangat wajar jika guncangan akibat gempa dirasakan tidak terlalu luas.

Halaman
1234
Editor:
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved