Duriangkang Dulu dan Sekarang

Batam Butuh Curah Hujan di Atas Rata-rata

Satu-satunya yang bisa menaikkan level Waduk Duriangkang ke level aman adalah turunnya curah hujan seperti Oktober selama 3-4 bulan berturut-turut

Batam Butuh Curah Hujan di Atas Rata-rata
ATB

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Untuk mengembalikan kondisi waduk Duriangkang dari "keterpurukan" kapasitas ke level aman, Duriangkang tentunya harus disuplai dengan curah hujan yang cukup.

Pasca-diterjang Elnino (kemarau panjang) pada Februari 2015 silam, saat ini Waduk Duriangkang jauh dari kata pulih.

Sepanjang 2016 hujan selalu turun, tetapi tidak mencukupi batas normal air dalam waduk.

"Satu bulan terakhir memang curah hujan cukup tinggi di Batam, namun kondisi tersebut belum membuat duriangkang bisa membaik. Andai curah hujan bisa terus turun dengan deras dan berkelanjutan, maka level Waduk Duriangkang akan bertambah. Saat ini posisi level dam berada di minus 233 cm, atau jauh dari level aman yakni di minus 50 cm. Kita berharap hujan bisa terus turun di area waduk," jelas Enriqo. (lihat tabel Level Dam)

Saat kondisi normal, curah hujan di sekitar Duriangkang bisa mencapai 2.055 milimeter (mm) selama satu tahun atau rata-rata 171 mm per bulan. Namun demikian, kondisi tersebut saat ini tidak mencukupi.

Dan hal ini bisa dilihat pada bulan Februari 2016 dimana saat itu curah hujan di angka 242,48 mm, ternyata tidak bisa membuat level Waduk terangkat.

Malahan kian turun di posisi minus 262 pada bulan berikutnya yakni Maret. (lihat tabel Curah hujan /Rain Fall vs Level Dam)

Grafik Dam Duriangkang
Grafik Dam Duriangkang

Hal yang patut disyukuri karena pada bulan Oktober 2016, curah hujan berada pada posisi tertinggi dengan angka 313,664 mm yang berakibat level dam meningkat 86 cm sehingga berada di posisi minus 288.(lihat tabel)

"Secara rata-rata sepanjang tahun 2016, curah hujan yang turun di Batam berada pada posisi 170 mm per bulannya. Dan hal ini sudah masuk dalam kondisi normal,"tegas Enriqo.

Dan satu-satunya yang bisa menaikkan level Waduk Duriangkang ke level aman adalah turunnya curah hujan seperti yang terjadi pada bulan Oktober selama tiga hingga empat bulan berturut-turut.

Halaman
123
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved