Polisi: Simpatisan ISIS Asal Jakarta Adalah Lulusan S-2 Australia

Ia diketahui sempat tinggal selama beberapa waktu di Australia dan menempuh pendidikan magister (S-2) di Negeri Kanguru

Polisi: Simpatisan ISIS Asal Jakarta Adalah Lulusan S-2 Australia
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja menunjukkan foto lima orang Warga Negera Indonesia yang diduga terlibat jaringan ISIS saat konferensi pers di Mapolda Bali, Jumat (26/1/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Lima orang sekeluarga yang diduga simpatisan organisasi teroris ISIS sudah menjalani pemeriksaan intensif oleh tim khusus di Polda Bali.

Lima orang itu adalah seorang pria berinisial TUAB (39); kemudian istrinya, NK (35); anak perempuan mereka, NAZ (13); anak lelaki berinisial MSU (7,5), dan anak berinisial MAU (4).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali AKBP Hengky Widjaja, di Mapolda Bali, Minggu (29/1/2017), menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, TUAB diketahui merupakan pria dengan latar belakang pendidikan tinggi.

Ia diketahui sempat tinggal selama beberapa waktu di Australia dan menempuh pendidikan magister (S-2) di Negeri Kanguru.

Sekembalinya ke Indonesia, kata AKBP Hengky, TUAB bekerja sebagai karyawan swasta.

“Dari informasi mereka, mereka ingin bergabung (ISIS) dengan kesadaran sendiri. Seperti diketahui, mereka adalah keluarga dengan latar belakang pendidikan yang cukup tinggi.

Suami dapat pendidikan S-2 di Australia, tetapi kami belum tahu S-2 di Australia mana. Tidak disebutkan berapa lama dia di Australia.

Kemudian salah satu anaknya juga lahir di Australia (Bedford Park). Kemudian mereka cukup biaya untuk membawa satu keluarga ke Turki,” urai Hengky.

Seperti dijelaskan, TUAB dan istrinya, NK, berangkat ke Turki atas dasar niat untuk bergabung dengan ISIS.

Selama 3 bulan sejak kedatangan mereka di Turki, keluarga ini hidup berpindah-pindah dari satu apartemen ke apartemen lain.

Namun, mereka belum melakukan aktivitas yang berkaitan langsung dengan ISIS.

Kehadiran mereka kemudian terendus oleh lembaga otoritas keamanan Turki.(*)

Editor: nandrson
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved