Penembakan di Masjid, Solidaritas Keberagaman di Kanada Terusik

Muslim-Kanada yang merupakan bagian penting dari kain nasional kita, dan ini tindakan yang tidak masuk akal, tidak memiliki tempat di masyarakat kita

Penembakan di Masjid, Solidaritas Keberagaman di Kanada Terusik
Twitter/Anadolu
Warga Quebec berkumpul di dekat masjid yang menjadi sasaran penembakan, Minggu (29/1/2017) malam. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, QUEBEC - Kanada termasuk negara yang jarang terjadi aksi- aksi teror yang bermotif negara.

Masyarakat di negara itu selama ini terkenal sangat menghargai keberagaman.

Tidak heran, terjadinya aksi penembakan di sebuah masjid di Kota Quebec, tenggara Kanada, membuat seluruh rakyat negara itu marah.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau langsung menggelar jumpa pers mengecam tindakan tersebut.

"Kami mengutuk serangan teroris ini umat Islam di pusat ibadah. Atas nama semua warga Kanada, saya menyampaikan belasungkawa terdalam untuk keluarga dan teman-teman dari semua orang yang telah meninggal, dan kami berharap cepat sembuh bagi mereka yang telah terluka," kata Trudeau.

"Sementara pemerintah masih menyelidiki, kami melihat peristiwa itu menyayat hati dan tidak masuk akal. Keanekaragaman adalah kekuatan kita, dan toleransi beragama adalah nilai yang kita bangun selama ini," katanya.

"Muslim-Kanada yang merupakan bagian penting dari kain nasional kita, dan ini tindakan yang tidak masuk akal tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita. Pemerintah dan lembaga penegak hukum Kanada akan melindungi hak-hak semua warga Kanada, dan akan melakukan segala upaya untuk mengungkap semua tindakan intoleransi ini.

Tidak hanya Trudeau, Walikota Quebec juga mengecam tindakan tersebut.

"Saya ingin mengungkapkan jijik saya terhadap tindakan jahat ini," kata Kota Walikota Régis Labeaume pada konferensi pers.

"Saya ingin memberitahu seluruh komunitas Muslim, mereka tetangga kita, sesama warga negara, bahwa mereka dapat mengandalkan dukungan kami, solidaritas kami. Aku ingin memberitahu mereka bahwa kita mencintai mereka."

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved