Matahari Kembar Pertamina

Dua Nama Meramaikan Bursa Calon Dirut Utama Pertamina, Inikah Calon Kuat?

Dua nama meramaikan bursa calon Direktur Utama Pertamina. Inikah calon kuat pengganti Dwi Sutjipto?

Dua Nama Meramaikan Bursa Calon Dirut Utama Pertamina, Inikah Calon Kuat?
kontan
Komisaris Pertamina 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Bursa kandidat Direktur Utama PT Pertamina semakin ramai. Jika sebelumnya beredar nama-nama seperti Rachmad Hardadi, Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Syamsu Alam, Direktur Hulu Pertamina, Yenni Andayani, Direktur Gas sekaligus Plt Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang, mantan Wakil Dirut Pertamina, Budi Gunadi Sadikin Staf Khusus Rini Soemarno, kini bertambah dua nama.

Yakni Dirut PT Perkebunan Nusantara III Holding Perkebunan Elia Massa Manik dan Edwin Hidayat Abdullah Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN serta Komisaris Pertamina.

Menurut Fahmi Radhi, Mantan Anggota Tim Pemberantasan Mafia Migas menyatakan, dua nama baru itu belum memiliki kriteria sebagai direktur utama Pertamina. Ada tiga kriteria yang harus dimiliki untuk menjadi pucuk pimpinan Pertamina. "Integritas tidak pernah tersangkut hukum, independen bukan titipan siapapun, dan profesional di bidang migas," kata Fahmi ke KONTAN, Rabu (8/2).

Dia bilang, Edwin menurutnya memang pintar dan jujur. "Tetapi apakah dia independen? Sebab dia orang dekatnya Rini Soemarno. Saya kenal Edwin memang dia pintar karena saya mengajar dia di UGM Jakarta," ujarnya.

Sementara untuk Elia, kata Fahmi, sudah jelas orang dekat Rini karena pernah bekerja di Astra. Namun dari sisi profesional mungkin tidak diragukan. "Kalau internal saya kira pas Syamsu Alam dan Rahmad Hardadi, serta WisnuUntoro, kalau di luar Sudirman Said," kata dia. (*)

Editor:
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved