Jeff Sessions Dipastikan Jadi Jaksa Agung Baru AS

Senator asal Alabama ini dikenal dengan sikap kerasnya terhadap penegakan imigrasi dan menjadi salah satu pendukung awal Presiden AS Donald Trump

Jeff Sessions Dipastikan Jadi Jaksa Agung Baru AS
KOMPAS.COM/MARK WILSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP
Jaksa Agung baru AS Jeff Sessions 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON DC - Senat Amerika Serikat memastikan Senator dari Partai Republik Jeff Sessions akan memegang jabatan Jaksa Agung baru Amerika Serikat.

Seperti dikutip Reuters, kepastian ini diperoleh dari hasil voting yang digelar Senat di Washington DC, Rabu waktu setempat, atau Kamis pagi WIB (9/2/2017).

Senator asal Alabama ini dikenal dengan sikap kerasnya terhadap penegakan imigrasi dan menjadi salah satu pendukung awal Presiden AS Donald Trump.

Presiden Trump menominasikan nama Jeff Sessions setelah sebelumnya dia memecat pelaksana tugas Jaksa Agung Sally Yates yang diangkat pendahulunya, Barack Obama.

Sessions memastikan jabatan tersebut setelah mendapat keunggulan suara 52:47.

Sebelumnya diberitakan, pemecatan Yates terjadi setelah dia memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tidak membela perintah eksekutif terkait keimigrasian.

Perintah eksekutif yang ditentang khususnya mengenai penerapan larangan pemberian visa bagi imigran dari tujuh negara Muslim di dunia, yakni Iran, Irak, Suriah, Yaman, Somalia, Sudan, dan Libya.

"Pelaksana tugas Jaksa Agung, Sally Yates, telah mengkhianati Departemen Kehakiman dengan menolak untuk menegakkan hukum yang dibuat untuk melindungi warga AS," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, Selasa (31/1/2017). (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved