Pemkab Anambas Siapkan Tim Apraisal, Kaji Nilai Lahan Bandara Letung

Pemkab Anambas siapkan tim khusus mengkaji nilai lahan Bandara Letung. Ini alasannya

Pemkab Anambas Siapkan Tim Apraisal, Kaji Nilai Lahan Bandara Letung
Tribun Batam/ Istimewa
Bandara letung, jemaja, Anambas yang dalam proses pembangunan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tengah mempersiapkan tim apraisal untuk menilai harga tanah di Bandara Letung. Melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, tanah seluas 32 Hektare akan dibebaskan pada tahun 2017 ini untuk menunjang operasional Bandara yang berlokasi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur itu.

"Saat ini persiapan tim apraisal. Untuk tahap pertama, akan dibebaskan seluas empat hektare untuk keperluan penambahan runway seluas 600 meter. Saat ini kan panjang runway yang ada seluas 1.200 meter," ujar Nurman Kepala Dinas Perhubungan & Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Minggu (12/2/2017).

‎Pembebasan lahan ini pun, menjadi salahsatu syarat agar kucuran dana dari Pemerintah Pusat untuk memperpanjang landasan pacu pesawat yang selama ini ada. Hal ini yang menjadi komitmen baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

"Pemerintah tetap komitmen untuk pembangunan bandara tersebut," ungkapnya. Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris pun, ‎juga memprioritaskan kelanjutan pembangunan bandara yang berada di Pulau Jemaja ini. Salahsatu prioritas yang saat ini tengah dikerjakan, yakni pembebasan lahan bandara.

"Mengenai anggaran untuk pembebasan lahan bandara pun sudah dipersiapkan," ungkapnya. ‎Seperti diketahui, Bupati beserta rombongan berangkat ke Jemaja untuk menyambut kunjungan Direktur Bandara Kementrian Perhubungan beserta rombongan yang datang langsung ke Jemaja menggunakan pesawat kalibrasi Sabtu (11/2) kemarin. Kedatangan mereka pun, untuk meninjau kesiapan bandara sekaligus melakukan sertifikasi peralatan untuk menunjang fungsi bandara itu.

‎"Dalam kunjungan itu pun, kami juga menyampaikan kekurangan untuk pembangunan daerah termasuk untuk bandara. Komitmen kami untuk pembangunan sisi darat pun, juga sudah kami lakukan. Pada prinsipnya, kami dari Pemerintah Daerah siap untuk menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo," ungkapnya.

‎Selain mengunjungi bandara, rombongan juga mengunjungi Pantai Padang Melang yang memiliki hamparan pantai lebih kurang 8 kilometer.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved